udah pasti diantara kalian memiliki ketertarikan pada bidang olahraga dan ingin tau apa sih komunikasi olahraga?
Pedersen dkk (2007) mendefinisikan komunikasi olahraga merupakan aspek studi komunikasi yang mengkhususkan diri pada studi komunikasi dalam sebuah setting olahraga. Biro Statistik Tenaga Kerja menganggap Komunikasi Olahraga menjadi sub jenis media dan komunikasi kerja dan itu terjadi di ranah olahraga atau melibatkan topik olahraga.
Pentingnya komunikasi dalam olahraga tidak bisa diremehkan, karena ini sebagai kunci sukses, baik dalam dunia olahraga maupun bisnis. Contohnya dalam sepak bola, kunci sukses sebagai tim adalah berfungsi sebagai satu kesatuan dan komunikasi adalah kuncinya. Tim yang berkomunikasi dengan baik bisa meminimalisir kesalahan, membuat umpan yang lebih baik dan siap menghadapi tantangan permainan.
Lalu, bagaimana jenis-jenis komunikasi olahraga? Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui lebih jelasnya dan bisa menambah wawasanmu.
1. Komunikasi Interpersonal Antara Pemain dan Pelatih
Olahraga Aspek besar dalam komunikasi olahraga adalah pesan antar pribadi yang dikirim antara atlet dan rekan kerja. Hal ini mencakup pesan antara pemain atau pelatih dan wasit, badan pengatur, tim medis, dan manajer tim. Pesan tersebut mungkin terdiri dari pertanyaan, arahan dan informasi.
2. Komunikasi Antara Atlet atau Tim dan Penggemar
Komunikasi olahraga memuat komunikasi yang dikirim antara atlet atau tim dan penggemarnya. Beberapa jurnalis olahraga dapat melakukan wawancara dengan tim atau atlet dan menerbitkannya di situs web berita, media sosial, siaran berita dan media cetak. Melalui media tersebut penggemar akan mengetahui informasi mengenai atlet atau tim kebanggaanya.
3. Komunikasi Antara Tim atau Atlet dan Media
Aspek selanjutnya, yaitu komunikasi olahraga adalah pesan yang dikirim dari atlet atau tim ke pelatihnya, begitupun sebaliknya. Misalnya, setelah pertandingan sepak bola perguruan tinggi,seorang jurnalis olahraga mungkin berada di ruang pers untuk bertanya kepada pelatih atau tim mengenai permainan yang baru saja berlangsung. Ini memungkinkan media mendapat kesempatan untuk mendapatkan informasi langsung dan jawaban atas pertanyaan mereka.