Lihat ke Halaman Asli

KKN MIT 18 POSKO 56

kelompok KKN MIT ke-18 UIN WALISONGO

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Lakukan Pendampingan Lomba FTBI Tingkat Kecamatan Ringinarum

Diperbarui: 12 Juli 2024   09:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Riski dari SD caruban mendapatkan juara 3 lomba FTBI cabang Geguritan tingkat kecamatan)/dok. pri

Perlombaan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat sekolah dasar negeri se-Kecamatan Ringinarum kurang lebih diikuti oleh 19 SD sekecamatan Riningarum dengan tujuh cabang lomba tersebut meliputi cerkak, mocopat, geguritan, sesorah, ndagel, ndongeng, nulis lan moco aksara jawa. Dimana setiap sekolah mengirimkan siswa siswi terbaiknya.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogam (MIT) Tematik posko 56 Universitas Islam Negri (UIN) Walisongo Semarang ikut serta mendampingi siswa SD N 01 Caruban dalam mempersiapkan lomba FTBI. Pada hari kamis, 11 Juli 2024 diadakannya Lomba FTBI di SD Tejorejo, Kecamatan Ringinarum yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 -- 13.00 dimana diawali dengan daftar ulang peserta lomba, penampilan lomba, dan diakhiri dengan pengumuman pemenang peserta lomba setiap cabang.

Ketua panitia Perlombaan FTBI Bapak Suharto mengatakan bahwa "perlombaan FTBI diadakan setiap setahun sekali dikarenakan sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya dengan harapan diadakannya perlombaan ini untuk nguri-uri budaya jawa sejak jenjang sekolah dasar. Agar anak-anak mampu menerapkannya dikehidupan sehari-hari terutama kedua orang tua." Ujar Suharto saat diwawancarai tim KKN posko 56.

Tujuan dari lomba FTBI yaitu untuk mengenalkan dan melestarikan budaya jawa, sebagai media apresiasi peserta lomba dan juga meningkatkan apresiasi seni khususnya nilai- nilai tradisi yang berakar dalam budaya bahasa.

Salah satu mentoring dari mahasiswa KKN MIT posko 56, Fella berharap agar para siswa dapat mengikuti perlombaan tersebut dengan baik dan menjadikan ajang tersebut sebagai upaya pelestarian bahasa daerah.

"Saya sangat berharap adik- adik dari SD N Caruban dapat mengikuti perlombaan dengan semaksimal mungkin, sesuai dengan arahan yang sudah diberikan dan juga kami berharap adik- adik meraih juara kalau tidak hitung- hitung buat pengalaman" Ujar Fella mahasiswa KKN MIT Posko 56.

Laporan cerita dari KKN Fella Amalia Julianti, KKN MIT UIN Walisongo Semarang posko 56 desa caruban, kendal.

Penulis : Tim Divisi Pendidikan dan Keagamaan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline