Lihat ke Halaman Asli

Amarylis Chairunnisa

mahasiswi di universitas muhammadiyah surakarta

Penerapan Media Wordwall Sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika di SDN Mulur 01 Sukoharjo

Diperbarui: 15 Januari 2024   10:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teknologi merupakan keseluruhan sarana yang mampu menyediakan barang barang yang diperlukan bagi keberlangsungan dan kenyamanan hidup manusia sudah dengan mudah mengakses segala hal yang kita inginkan melalui teknologi. Teknologi ini berkembang karena sangat memiliki banyak manfaat didalamnya. Salah satunya yaitu sebagai sarana pendudukung Pendidikan di Indonesia. 

Teknologi dalam bidang Pendidikan dapat memberikan pengembangan pembelajaran yang lebih inklusif dan mampu mengembangkan keterampilan siswa, sehingga mampu meningkatkan kualitas dan relevansi Pendidikan dengan kebutuhan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. 

Dengan adanya perkembangan teknologi dalam Pendidikan juga mampu memberikan peluang baru kepada pendidik dan siswa untuk mengambil manfaat dari inovasi teknologi terbaru dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. 

Kesulitan belajar adalah situasi atau kondisi peserta didik dalam proses belajar yang mengakibatkan terjadinya hambatan dalam memperoleh hasil belajar. ciri - ciri dari kesulitan belajar diantaranya adalah hasil belajar rendah dan hasil tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan, dan lambat menyelesaikan tugas. Faktor kesulitan belajar ini dibagi menjadi 2 yautu faktor internal dan faktor eksternal. SDN Mulur 01 Sukoharjo Dimana beberapa anak mengalami kesulitan belajar tertutama dalam pembelajaran matematika. 

Dari pengamatan yang saya lakukan pada bulan September 2023, ternyata peserta didik merasa sangat bosan dan tidak bersemangat ketika pembelajaran matematika. mereka menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan sangat membosakan. 

Hal inilah yang menjadikan peserta didik di SDN Mulur 01 Sukoharjo khususnya di kelas 4 memiliki hasil nilai yang rendah pada pelajaran matematika. kemudian saya mencoba untuk menerapkan pembelajaran berbasis media wordwall sebagai upaya mengatasi masalah belajar yang dialami peserta didik. 

SDN Mulur 01 Sukoharjo merupakan salah satu SD yang terletak di kecamatan Bendosari kabupaten Sukoharjo. Sekolah ini, tepatnya berada di daerah Mulur. Saat ini SD N Mulur 01 Sukoharjo mempunyai 9 guru yang dipimpin oleh 1 kepala sekolah Perempuan. Saat ini memang sekolah -- sekolah jenjang sekolah dasar di sukoharjo sangatlah banyak. 

Tidak sedikit juga sekolah SD yang harus tutup karena tidak memiliki siswa. salah satu staf Dinas Pendidikan kabupaten Sukoharjo menyampaikan bahwa saat ini Sukoharjo memiliki SD negeri/MI berjumlah 43 sekolah dan SD swasta yang berjumlah 10 sekolah. Tentunya semua SD ini berlomba -- lomba untuk memberikan semua fasilitas dan sarana prasarana yang baik aar menarik orang tua untuk mendaftarkan anaknya di SD tersebut.

 Tentu saja hal tersebut merupakan tantangan yang cukup besar bagi SD Negeri. SD Negeri harus juga mampu memberikan program -- program yang baik dan juga menarik. Di SDN Mulur 01 Sukoharjo ini, kepala sekolah dan guru berinisiatif memperkuat program literasi dan numerasi agar meningkatkan minat anak dalam membaca dan juga berfikir kritis. 

Penerapan literasi dan numerasi di SDN mulur 01 Sukoharjo memang siudah diterapkan lebih dari 5 tahun yang lalu, dan masih terus diterapkan sampai dengan hari ini. 

Hal ini memberikan berbagai dampak positif terutama bagi peserta didik. diantaranya, peserta didik mampu membaca dengan lancar meskipun masih di kelas 1. Dan seluruh peserta didik di SDN Mulur 01 Sukoharjo mampu berfikir kritis dilihat dari hamper 97% anak di SD ini mampu untuk mendapatkan nilai diatas 75 meskipun saat ini sudah tidak ada istilah KKM. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline