Lihat ke Halaman Asli

Goodman Siadari

Guru Matematika SMA Katolik SAnto Paulus Jember

Metode AMATIRPM - Cara Bantu Murid Belajar Matematika

Diperbarui: 7 Oktober 2020   12:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi, hasil screenshot

Sumber: Blog Pribadi

Metode Belajar Matematika

METODE : AMATIRPM 

(Oleh : Goodman Siadari, S.Pd., M.Pd.)

AMATIRPM adalah singkatan dari Amati Tiru Praktek Mandiri.

AMATIRPM adalah suatu metode belajar matematika yang menggunakan langkah-langkah belajar  sebagai berikut 

1. Mengamati adalah kemauan untuk melakukan perhatian penuh terhadap  materi atau konsep yang dilihat/dibaca/diamati sehingga mampu menciptakan kalimat pemahaman secara mandiri tentang materi atau konsep matematika yang dipelajari. Untuk bisa memahami suatu materi lakukan pengamatan yang benar. 

2. Meniru adalah perilaku atau usaha  untuk mampu menuliskan ulang rumus atau definisi materi matematika dengan benar dan juga mampu mengerjakan soal matematika dengan konsep yang  homogen dari materi yang telah diamati dengan cara meniru pembahasan penyelesaian. Dalam proses meniru sangat dibutuhkan penalaran logis karena kemampuan meniru adalah adanya aktivitas  kemampuan mengingat apa yang telah diamati, karena meniru tidak hanya sebatas meniru tulisan rumus tetapi juga kemampuan mengingat proses penjabaran suatu konsep. Meniru merupakan  usaha atau tindakan positif untuk mampu mengerjakan ulang contoh soal yang telah dipelajari dengan cara  meniru bukan mencontek atau fotocopy atau sekedar menulis ulang semua pembahasan tetapi adanya kegiatan penalaran logis untuk menerapkan konsep dari proses pengamatan yang telah dilakukan di awal belajar. 

3. Praktek adanya kemauan untuk melatih soal-soal matematika  yang konsep materinya  sama tetap type model soal yang heterogen dengan cara menerapkan pemahaman konsep materi dan dan meniru contoh soal pembahasan yang ada. Untuk meningkatkan penalaran wajib melakukan praktek yaitu mengerjakan latihan soal dengan sunguh-sunguh) 

4. Mandiri kemauan untuk mengebangkan kemampuan optimal diri dengan melakukan eksplorasi dan inovasi  terhadap konsep materi dan pembahasan soal yang telah di amati, ditiru dan dipraktekkan secara mandiri. Pada tahap ini sangat dibutuhkan penalaran logis, dan keterampilan dalam melakukan operasi matematika yaitu mengubah bentuk operasi matematika tetapi tidak mengubah nilai hasil operasi (UBAH BENTUK TIDAK MENGUBAH NILAI). Untuk meningkatkan kompetensi penalaran logis materi atau konsep yang telah dipelajari wajib melakukan eksplorasi dan inovasi materi secara mandiri dengan tekad yang kuat dan bertanggung jawab. 

Metode Belajar Matematika : AMATIRPM  adalah karya inovasi untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika para murid. ( Oleh  Goodman Siadari, S.Pd.M.Pd. adalah  Guru Matematika SMA Katolik Santo Paulus Jember. Dipublikasikan sejak bulan  Maret 2020 membantu murid belajar dari rumah di masa pandemi covid 19 tahun 2020).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline