Sumber: Blog Pribadi
Metode Belajar Matematika
METODE : AMATIRPM
(Oleh : Goodman Siadari, S.Pd., M.Pd.)
AMATIRPM adalah singkatan dari Amati Tiru Praktek Mandiri.
AMATIRPM adalah suatu metode belajar matematika yang menggunakan langkah-langkah belajar sebagai berikut
1. Mengamati adalah kemauan untuk melakukan perhatian penuh terhadap materi atau konsep yang dilihat/dibaca/diamati sehingga mampu menciptakan kalimat pemahaman secara mandiri tentang materi atau konsep matematika yang dipelajari. Untuk bisa memahami suatu materi lakukan pengamatan yang benar.
2. Meniru adalah perilaku atau usaha untuk mampu menuliskan ulang rumus atau definisi materi matematika dengan benar dan juga mampu mengerjakan soal matematika dengan konsep yang homogen dari materi yang telah diamati dengan cara meniru pembahasan penyelesaian. Dalam proses meniru sangat dibutuhkan penalaran logis karena kemampuan meniru adalah adanya aktivitas kemampuan mengingat apa yang telah diamati, karena meniru tidak hanya sebatas meniru tulisan rumus tetapi juga kemampuan mengingat proses penjabaran suatu konsep. Meniru merupakan usaha atau tindakan positif untuk mampu mengerjakan ulang contoh soal yang telah dipelajari dengan cara meniru bukan mencontek atau fotocopy atau sekedar menulis ulang semua pembahasan tetapi adanya kegiatan penalaran logis untuk menerapkan konsep dari proses pengamatan yang telah dilakukan di awal belajar.
3. Praktek adanya kemauan untuk melatih soal-soal matematika yang konsep materinya sama tetap type model soal yang heterogen dengan cara menerapkan pemahaman konsep materi dan dan meniru contoh soal pembahasan yang ada. Untuk meningkatkan penalaran wajib melakukan praktek yaitu mengerjakan latihan soal dengan sunguh-sunguh)
4. Mandiri kemauan untuk mengebangkan kemampuan optimal diri dengan melakukan eksplorasi dan inovasi terhadap konsep materi dan pembahasan soal yang telah di amati, ditiru dan dipraktekkan secara mandiri. Pada tahap ini sangat dibutuhkan penalaran logis, dan keterampilan dalam melakukan operasi matematika yaitu mengubah bentuk operasi matematika tetapi tidak mengubah nilai hasil operasi (UBAH BENTUK TIDAK MENGUBAH NILAI). Untuk meningkatkan kompetensi penalaran logis materi atau konsep yang telah dipelajari wajib melakukan eksplorasi dan inovasi materi secara mandiri dengan tekad yang kuat dan bertanggung jawab.
Metode Belajar Matematika : AMATIRPM adalah karya inovasi untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika para murid. ( Oleh Goodman Siadari, S.Pd.M.Pd. adalah Guru Matematika SMA Katolik Santo Paulus Jember. Dipublikasikan sejak bulan Maret 2020 membantu murid belajar dari rumah di masa pandemi covid 19 tahun 2020).