Lihat ke Halaman Asli

Putri NabilaNauli

Mahasiswa Teknik Biomedis Institut Teknologi Sumatera

KKN PPM ITERA Periode Ke-12 Tahun 2023/2024 Kelompok 151: Sosialisasi Stunting dengan Pengukuran Serta Pengenalan Susu Jagung

Diperbarui: 30 Januari 2024   23:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi stunting kepada warga desa oleh mahasiswa KKN ITERA

Desa Purwodadi Mekar, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur - 30 Januari 2024

Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melakukan pengabdian masyarakat berupa kuliah kerja nyata (KKN). KKN merupakan program pengabdian masyarakat yang mewajibkan mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan nyata di luar kampus. Selama periode KKN mahasiswa didorong untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang telah dipelajari di kampus ke masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pengalaman, meningkatkan keterampilan, serta mengembangkan sikap tanggung jawab dan empati terhadap kebutuhan masyarakat. Melalui kuliah kerja nyata mahasiswa tidak hanya menjadi penerima ilmu, tetapi juga sebagai agen perubahan yang aktif dalam menciptakan dampak positif di tengah-tengah masyarakat. Pada tahun ini KKN-PPM khususnya kelompok 151 melakukan pengabdian masyarakat di Desa Purwodadi Mekar, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur.

Di tahun 2023 Desa Purwodadi Mekar baru teridentifikasi adanya anak yang terkena stunting dan menjadi sorotan pihak Puskesmas Kecamatan Batanghari karena stunting baru pertama kali terdiagnosis di desa. Dalam beberapa waktu, kasus stunting di desa terus meningkat dan butuh cara untuk mencegah dan pendataan yang jelas untuk mengetahui perkembangan kasus. Salah satu program kerja unggulan dari kelompok 151 KKN ITERA ialah melaksanakan sosialisasi dan cara pencegahan stunting dengan konsep yang berbeda. Sosialisasi ini berjudul “Sosialisasi Stunting Dengan Pengukuran Berat Serta Tinggi Badan dan Pembuatan Susu Jagung Untuk Mencegah Stunting”. Acara sosialisasi ini berlangsung di Balai Desa Purwodadi Mekar dan berhasil menarik perhatian masyarakat serta memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Dalam hasil paparan sosialisasi yang dilakukan pada 18 Januari 2024, Salah satu Bidan desa setempat mengatakan bahwa kegiatan ini sangat berguna dan berdampak baik untuk warga sebagai upaya baru dalam menangani permasalahan stunting. Cara baru dan efektif yang dilakukan mahasiswa KKN kelompok 151 ialah melaksanakan kegiatan pengukuran Berat Badan dan Tinggi Badan serta membuat produk unggulan berupa Susu Jagung. Kegiatan pengukuran ini untuk memonitoring pertumbuhan anak dan pemberian susu jagung sebagai upaya dalam mencegah stunting. Pada kegiatan sosialisasi ini dilakukan pemberian sampel susu jagung untuk memberitahu kepada warga tekstur dan proses pembuatan susu jagung agar dapat diimplementasikan secara langsung oleh orang tua.

Kegiatan Pengukuran Berat Badan Anak

Pemaparan Materi Mengenai Stunting

Produk Susu Jagung

Poster Susu Jagung

Diharapkan produk Susu Jagung ini dapat membantu mencegah kenaikan angka stunting di Desa Purwodadi Mekar serta membantu pertumbuhan ekonomi desa terutama pada tumbuhan jagung sebagai pengembangan potensi pertanian yang tersedia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline