Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UNTAG Surabaya Giat Bantu UMKM Pucang Sewu Perihal NIB

Diperbarui: 30 Juni 2022   14:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar. 1 Sumber Dokumentasi Pribadi

Surabaya, 30 Juni 2022-KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu berupa pengabdian kepada masyarakat. Selain daripada itu, KKN juga membantu mahasiswa dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dipelajari untuk langsung diaplikasikan kepada masyarakat, sehingga dapat memberikan manfaat. Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kali ini, mahasiswa kelompok R-24 bernama Revita Pirena Putri dari Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya dibawah bimbingan dosen Ibu Herlina, S.T., M.T., melakukan sebuah program kerja bagi masyarakat UMKM yang berada di RW 8 Pucang Sewu Surabaya.

UMKM merupakan sebuah usaha yang dijalankan oleh individu, rumah tangga ataupun badan usaha ukuran kecil. NIB atau Nomor Induk Berusaha merupakan sebuah elemen penting bagi pelaku-pelaku usaha. Ibarat KTP, NIB adalah identitas bagi para pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga Online Single Submission (OSS). Dengan mengurus NIB, maka usaha yang dijalankan oleh UMKM akan terjamin legalitasnya. Tak hanya itu, pengurusan NIB ternyata juga mebambang peluang usaha, seperti contohnya fasilitas pembiayaan dari bank, peluang mendapatkan pelatihan dll.

Gambar. 2 Sumber Dokumentasi Pribadi

Gambar. 3 Sumber Dokumentasi Pribadi

Melihat banyaknya UMKM yang berada di RW 8 Pucang Sewu belum memiliki NIB, mahasiswa KKN mencoba memberikan solusi atas hal tersebut. Kegiatan tersebut diawali dengan melakukan koordinasi dengan pihak kelurahan dan juga Pak Fajar selaku ketua RW, yang kemudian langsung disambungkan ke Bu Icha yang merupakan koordinator UMKM di Pucang Sewu. Selanjutnya mahasiswa KKN melakukan survei dan penyuluhan kepada masyarakat UMKM mengenai pentingnya memiliki NIB. Tak sampai disitu, mahasiswa KKN kemudian mendata dan membantu masyarakat UMKM untuk membuat NIB.

Gambar 4. Sumber Dokumentasi Pribadi

Dengan adanya NIB, kedepannya tentu akan membantu masyarakat UMKM di Pucang Sewu khususnya RW 8 untuk semakin maju dan berkembang, terutama di zaman yang sudah semakin modern.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline