Lihat ke Halaman Asli

Opini: Perbedaan Perekonomian Dulu dan Sekarang Lebih Baik yang Mana?

Diperbarui: 24 Agustus 2021   08:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perkembangan teknologi yang kian pesat menuntut masyarakat untuk mengikuti perkembangannya, maka dari itu kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus bisa memanfaatkan dan mengembangkan teknologi masa kini untuk memajukan sistem ekonomi negara.

Apa itu sistem ekonomi? Sistem ekonomi adalah suatu cara untuk mengatur dan mengelola semua aktivitas ekonomi dalam masyarakat, baik yang dilakukan oleh pemerintah atau swasta berdasarkan prinsip tertentu dalam mencapai kemakmuran. 

Perkembangan ekonomi zaman dulu dan zaman sekarang sangat terlihat perbedaannya, perekonomian zaman dulu lebih sederhana dan cenderung kurang efisien dibandingkan perekonomian zaman sekarang yang lebih efisien dan efektif dengan sudah adanya sistem online yang mempermudah sistem ekonomi dan lainnya. 

Pada zaman dahulu, kita pernah mendengar bahwa Indonesia kaya akan sumber daya alam dan keanekaragaman hayatinya. Sumber daya alam yang melimpah ini, sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk kesejahteraan kita. Namun, sejak bangsa-bangsa eropa telah mulai masuk ke Indonesia, hidup kita menjadi sengsara. 

Dan perlu kita ingat pada saat zaman kolonial di Indonesia, mereka banyak berjasa dalam mengubah perekonomian Indonesia ini, seperti diperkenalkan sistem tanam paksa yang sebenarnya melanggar HAM, tetapi bisa membuat petani mengetahui lebih banyak cara bertani yang benar, serta adanya uang yang sebelumnya juga belum dikenal oleh masyarakat, kini bisa kita ketahui serta alat pembayaran dalam kehidupan sehari-hari.

Perbedaan yang terbentuk pada pola perekonomian dari sektor ekonomi dahulu dan sektor ekonomi yang terjadi pada masa kini adalah :

Perekonomian Lama

1. Dilakukan berbagai macam pengorganisasian yang didasari kepada unit dari sebauh produk

2. Lebih berfokus ke sebuah bentuk dari transaksi yang melakukan penghasilan dari sebuah laba

3. Melakukan penglihatan yang dimana terlebih ke dalam sebuah skor keuangan

4. Lebih berfokus kepada pemegang saham

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline