Lihat ke Halaman Asli

Persaingan ketat dalam dunia kerja sehingga banyak orang menganggur di era sekarang

Diperbarui: 14 Mei 2024   12:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Persaingan dunia kerja saat ini di Indonesia menjadi semakin ketat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terjadi karena banyaknya jumlah penduduk di Indonesia dan lulusan perguruan tinggi yang semakin bertambah setiap tahunnya, sedangkan lapangan kerja sangat terbatas. banyak perusahaan yang menetapkan standar yang tinggi dalam memilihnya karyawan

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi persaingan dunia kerja di Indonesia, yaitu sebagai berikut.

Tingkat pendidikan. Perusahaan saat ini lebih memilih karyawan dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi seperti sarjana dan magister karena mereka dianggap lebiti terampil dan memiliki pengetahuan yang lebih luas Selain itu, kemampuan berbahasa Inggris dan pengalaman kerja juga menjadi nilai tambah yang penting dalam seleksi karyawan.

Faktor kedua yang sangat mempengaruhi persaingan di dunia kerja saat ini di Indonesia juga sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Teknologi informasi dan internet telah membuka peluang bagi pekerjaan yang dapat dilakukan secara online, seperti pekerjaan di bidang desain grafis, penulisan konten dan pemasaran digital. Namun di sisi lain, teknologi juga dapat membuat pekerjaan tertentu menjadi lebih mudah dan efisien sehingga karyawan yang memiliki keterampilan dan pengetahuan teknologi yang baik akan memiliki keuntungan dalam persaingan dunia kerja

Persaingan dunia kerja di Indonesia juga dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonom seperti pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran, dan persaingan global. Perusahaan saat ini juga harus bersaing dengan perusahaan-perusahaan dari negara lain yang menawarkan biaya produksi yang lebih murah dan karyawan yang lebih terampil

Pemerintah dan lembaga pendidikan juga harus berperan untuk mengatasi persaingan dunia kerja di Indonesia. Mereka dapat mengembangkan program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan industri, serta memfasilitasi pelatihan dan pengembangan keterampilan untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing karyawan Indonesia.

Dalam persaingan di dunia kerja selain harus menjadi orang yang kompeten, orang tersebut juga harus menonjol. Misalnya, memiliki keahlian utama yang tidak dimiliki orang lain atau hanya sedikit orang yang memilikinya. 

Selanjutnya, kemampuan untuk menjadi seorang yang mudah beradaptasi juga dibutuhkan, karena perubah bisa saja terjadi dalam sekejap. Hal ketiga adalah mencatat semua umpan balik pelanggan, sehingga seseorang dapat dengan mudah menggambarkan pencapaian dan nilai-nilai utamanya sebelum mengajukan permintaan promosi atau kenaikan gaji. 

Memiliki seorang mentor juga dianggap sebagai hal yang baik dalam dunia kerja karena mentor adalah seseorang yang dapat memberikan nasehat dan membantu Anda mengasah dan mengembangkan keterampilan Anda. Hal terakhir adalah usahakan untuk menjadi orang yang seimbang, karena dalam dunia yang kompetitif, seseorang mungkin sulit untuk fokus pada hal-hal lain selain pekerjaan, bahkan di malam hari dan akhir pekan. Jadi, pastikan untuk menerapkan work-life balance.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline