Lihat ke Halaman Asli

Dwin

Mahasiswa

Pembukuan dan Konsep Dasar Akuntansi Pajak

Diperbarui: 26 Juni 2024   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau  jasa, yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi untuk periode tahun pajak tersebut (pasal 1 ayat 29 UU KUP)

Wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dan wajib pajak badan di Indonesia wajib  menyelenggaraan pembukuan (pasal 28 ayat 1 UU KUP).

Pembukuan diselenggarakan dengan prinsip taat asas dengan stelsel akrual atau stelsel kas (pasal 28 ayat 5 UU KUP)

Prinsip taat asas adalah prinsip yang sama digunakan dalam metode pembukuan dengan tahun-tahun sebelumnya untuk mencegah penggeseran laba atau rugi. Prinsip taat asas dalam metode pembukuan misalnya dalam penerapan:

1. stelsel pengakuan penghasilan

2. Tahun buku

3. Metode penilaian persediaan

4. Metode penyusutan dan amortisasi

Stelsel akrual adalah suatu metode perhitungan penghasilan pada waktu diperoleh dan biaya pada waktu terutang. Jadi, tidak tergantung kapan penghasilan itu diterima dan kapan biaya itu dibayar secara tunai.

Stelsel kas adalah suatu metode yang perhitungannya didasarkan atas penghasilan yang diterima dan biaya yang dibayar tunai. stelsel kas biasanya digunakan oleh perusahaan kecil orang pribadi atau perusahaan jasa.  Perhitungan pajak penghasilan dalam memakai stelsel kas harus memperhatikan hal-hal berikut:

1. Perhitungan jumlah penjualan dalam suatu metode harus meliputi seluruh penjualan, baik yang tunai maupun yang bukan. Perhitungan harga pokok penjualan harus memperhitungkan seluruh pembelian dan persediaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline