Lihat ke Halaman Asli

Dwin

Mahasiswa

Kerangka Pembentukan Mindset

Diperbarui: 23 Juni 2024   23:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sistem perencanaan dan pengendalian manajemen/dokpri

Terdapat pendekatan dalam mendesain SPPM, salah satunya menggunakan human capital leverage approach. Pendekatan human capital leverage menggunakan paradigma personel yang mencerminkan lingkungan bisnis yang dihadapi oleh perusahaan sebgai dasar untuk mendesain SPPM.

pembentukan mindset dilaksanakan melalui dua langkah: (1) perumusan mindset, dan (2) pengomunikasian mindset

Perumusan mindset dilaksanakan melalui empat langkah: trenwatching, envisioning, perumusan paradigma, perumusan mindset

Pengomunikasian minndset yang telah dirumuskan dilakukan melalui dua cara: melalui perilaku pribadi (personel behavior) manajemen puncak, melalui perilaku operasional (operationa behavior)-menjadikan mindset sebagai landasan untuk pendesaian sistem yang digunakan oleh organisasi untuk melaksanakan bisnis, sehingga melalui sistem, mindset personel yang terkait dengan sistem tersebut terbentuk.

Kerangka konseptual perumusan mindset

mindset adalah sikap mental mapan (fixed mental attitude) yang dibentuk melalui pendidikan, pengalaman, dan prasangka. Mindset terdiri dari tiga komponen pokok: Paradigma, keyakinan dasar, dan nilai dasar.

Apa yang terjadi jika mindset personel secara individual tidak sejalan dengan mindset organisasi ? ada tiga kemungkinan yang timbul:

1. Personel melaksanakan tindakan setengah hati, atau bahkan tanpa hati.

2. Personel memerlukan pengawasan dari orang lain untuk memastikan bahwa tindakannya dilaksanakan berdasarkna mindset yang semestinya

3.Personel dapat melakukan sabotase karena ketidaksesuaian antara mindsetnya dengan mindset yang semestinya yang diperlukan untuk melaksanakan tindakan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline