Lihat ke Halaman Asli

Teori Belajar Pada Perkembangan Kognitif Anak-anak Pertengahan dan Akhir

Diperbarui: 23 November 2024   17:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.generasimaju.co.id

Teori belajar pada perkembangan kognitif anak-anak pertengahan dan akhir

Perkembangan kognitif anak-anak pada masa pertengahan dan akhir (usia 6-12 tahun) merupakan fase penting dalam pembentukan kemampuan berpikir, belajar, dan berinteraksi sosial. Pada tahap ini, anak mengalami kemajuan signifikan dalam berbagai aspek kognitif, yang dipengaruhi oleh faktor pendidikan, interaksi sosial, dan lingkungan.

Tahapan Perkembangan Kognitif

1. Teori Jean Piaget: Operasi Konkret

Menurut Jean Piaget, anak-anak pada usia 7 hingga 11 tahun berada dalam tahap operasi konkret . Pada tahap ini, anak mulai mampu berpikir logis tentang objek dan situasi yang nyata. Mereka dapat melakukan operasi mental seperti:

Klasifikasi : Mengelompokkan objek berdasarkan karakteristik tertentu.

Seriasi : Mengurutkan objek berdasarkan ukuran atau atribut lainnya.

Konservasi : Memahami bahwa jumlah atau volume suatu objek tetap meskipun bentuknya berubah.

Anak-anak juga mulai mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah secara sistematis dan memahami hubungan sebab-akibat

2. Teori Lev Vygotsky: Zona Perkembangan Proksimal

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline