Lihat ke Halaman Asli

Kisah di Balik Jempol

Diperbarui: 26 Juni 2015   16:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Nama umumnya adalah jempol sementara nama bakunya adalah ibu jari. Dia lah jari yang paling gemuk, paling kekar dan paling jauh posisinya ketimbang 4 jari yang lainnya. Dia lah sosok pemuji yang anggun. Jempol!

Orang mana yang tidak suka diberi jempol? karena jempol merupakan ibu jari? bukan kawan.. karena jempol menandakan kehebatan, pujian dan kekaguman.

Koki mana yang tidak sumringah ketika diberi jempol oleh penikmat makanannya? Ratu dapur mana yang tidak berurai senyum ketika masakannya diberi label jempolan? Karyawan mana yang terbang tinggi saat diberi jempol oleh bossnya.

Sebegitu dahsyatnya jempol ini? Sangat sangat sangat dahsyat kawan.. Apapun profesimu, bila ditambahin akhiran "jempolan" maka pamormu akan meningkan 300% persen. Akuntan jempolan. Pengacara jempolan. SIswa jempolan. Koruptor jempolan (??) (sejak kapan koruptor jadi profesi?)

Salah satu post dari pewarta yang lancer mewartakan lingkungan istana presiden menampilkan foto presiden sedang ujuk jempol.  (terserah deh jempolnya gempal ataupun bengkok, yang kasi jempol kan presiden jadi ge-er sendiri kalau dijempolin oleh presiden).

[caption id="attachment_135859" align="aligncenter" width="300" caption="jempol - Wisnu Nugroho"][/caption]

vokoke kowe pembantu yang paling jempolan lah.. kira2 seperti itulah untuk hasil kerja dari mbak SMI, disampaikan pada penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Orang Pribadi (SPT OP) pada Maret 2009 (sudah, itu saja tahun depannya gak tau dech disampaikan atau tidak.. positive thinking-nya: disampaikan melalui drop box pajak).

jempoooollllll.....

dalam budaya umum, jempol diartikan bagus, mantap, sedap makin tegak jempolnya maka makin bagus, makin mantap, makin sedap itu lah kenapa banyak yang jempolan...

dalam budaya jawa, jempol yang tegak tidak dikenal.. yang adalah jempol yang ditidurkan. berarti dipersilahkan, kesopanan, penghormatan.

Jempolnya SBY untuk SMI telah berubah.. dari tegak menjadi tidur..

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline