Lihat ke Halaman Asli

Keseruan Halium Himaners Season 2 Tahun 2023

Diperbarui: 14 Desember 2023   09:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Freepik, 2023

Disebuah Universitas, pasti tak asing lagi dengan sebuah organisasi kemahasiswaan atau yang biasa disingkat ORMAWA. Sama halnya dengan sebuah kampus swasta namun berakreditasi unggul, berlandaskan islami, dan merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Jawa Timur khususnya di Surabaya, yaitu Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya atau yang biasa disebut dengan UNUSA. Organisasi kemahasiswaan yang terdapat di UNUSA cukup banyak, Himaners salah satunya, Himaners merupakan sebuah himpunan kemahasiswaan khusus pada program studi S1 keperawatan. Dalam Himaners terdapat agenda rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya, yaitu Halium atau singkatan dari "Happy Leaning With Us Himaners". Bagi yang tidak mengetahui Halium, Halium juga bisa dikatakan sebagai kegiatan "Osjur" atau Ospek Jurusan, yang tentunya kegiatan-kegiatan yang sudah atau akan terlaksana tak jauh berbeda dengan kegiatan ospek pada umumnya.

Dan tak lama beberapa minggu yang lalu,  tepatnya di hari sabtu tanggal 25 November 2023, Halium season 2 yang merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang diadakan oleh Himaners Unusa telah terlaksana dengan cukup lancar. Halium season 2 terlaksana secara offline bertempatan  di Kampus A Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Halium season 2 merupakan lanjutan dari Halium season 1 yang dimana pada Halium season 2 lebih pada kegiatan petualang dan penjelajahan misi, serta kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa pada program studi S1 keperawatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Dan adapun berikut beberapa rangkaian kegiatannya :

  • Absensi Kehadiran. Kegiatan ini dimulai dengan absensi kehadiran mahasiswa yang dimana kegiatan ini dimulai dari pukul 07.00 hingga selesai.
  • Pos 1 : Pos Kekeluargaan. Pos pertama ini merupakan pos perkenalan dimana para mahasiswa harus mengenal satu sama lain dari kelompoknya, baik itu dari nama lengkap, kelas dan program studi. Dan bagi mahasiswa yang tidak mengetahui salah satu atau beberapa dari anggota kelompoknya, maka akan dikenakan sanksi yaitu berupa pengurangan permen sebagai tanda pengurangan point.
  • Pos 2 : Pos Wawasan Budaya 5S. Kemudian pada pos kedua, merupakan pos wawasan budaya 5S yaitu senyum, sapa, salam, sopan dan santun, yang terdiri dari pemberian pertanyaan pada mahasiswa yang sudah terbentuk beberapa tim yang terdiri dari 3 anak, pertanyaan yang diberikan seputar penerapan budaya 5S di kampus.
  • Pos 3 : Pos Organisasi. Pada pos ini, sama halnya dengan pos sebelumnya, yaitu mahasiswa diberikan beberapa pertanyaan mengenai seputar keorganisasian baik itu yang ada di Indonesia maupun yang ada di kampus dan juga beberapa pertanyaan bagaimana penyelesaian masalah dalam organisasi.
  • Pos Bayangan. Pos ini merupakan pos tambahan yang dimana terdapat beberapa game mengenai profesi-profesi.
  • Pos 4 : Pos Kedisiplinan. Pos terakhir, dari namanya saja sudah terlihat bahwa mahasiswa harus menaati peraturan dan ketentuan yang ada, termasuk dari penugasan pada halium season sebelumnya yaitu pelengkapan penugasan pada buku orange dan juga resume halium season 1, jika terdapat mahasiswa yang melanggar, maka akan dikenakan sanksi yang sesuai.
  • Ice Breaking. Pada acara ini, merupakan acara seru-seruan atau having fun, seperti bernyanyi dan seru-seruan bersama.
  • Makan Bersama. Setelah semua kegiatan selesai, diakhiri dengan istirahat dan makan bersama.

Itulah beberapa rangkaian kegiatan Halium season 2 yang penuh tantangan dan edukasi seru. Halium season 2 ini juga menggambarkan tentang kerja sama bagi setiap masing -- masing kelompok, kekeluargaan antara peserta dengan panitia, dan juga banyak wawasan dan pembelajaran tentang keorganisasian.

Penulis : Eka Martha Anggraeni

Prodi : S1 Keperawatan 

NIM : 11330023176 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline