Lihat ke Halaman Asli

1130023104 TANTI PUJI PRATIWI

Mahasiswi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Gresik Kota Wali dan Kota Santri

Diperbarui: 1 November 2023   17:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gresik.info

Julukan kota Gresik yang paling populer di kalangan masyarakat adalah kota Wali. 

Hal ini dikarenakan terdapat dua wali dari golongan wali Songo yang tinggal di kota Gresik.

Pada zaman dahulu Gresik merupakan pelabuhan pertama di Jawa Timur dengan rute perdagangan internasional melewati jalur selat Malaka, Laut Jawa dan Maluku. Gresik sudah dikenal sejak abad ke-11 ketika tumbuh menjadi pusat perdagangan tidak hanya antar pulau, tetapi sudah meluas keberbagai negara.Sebagai kota Bandar, Gresik banyak dikunjungi pedagang Cina, Arab, Gujarat, Kalkuta, Siam, Bengali, Campa dan lain-lain. Gresik mulai tampil menonjol dalam peraturan sejarah sejak berkembangnya agama islam di tanah jawa. Pembawa dan penyebar agama islam tersebut tidak lain adalah Syech Maulana Malik Ibrahim yang bersama-sama Fatimah Binti Maimun.

Metode yang digunakan oleh Maulana Malik Ibrahim yaitu dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat. Beliau tidak serta merta menentang kepercayaan yang dianut oleh masyarakat sekitar. 

Berawal dari masuknya agama islam yang kemudian menyebar ke seluruh pulau jawa,tidak terlepas dari nama Nyai Ageng Pinatih, seorang janda kaya raya yang juga seorang syahbandar, inilah nantinya akan kita temukan nama seseorang yang kemudian menjadi tonggak sejarah berdirinya kota gresik. Dia adalah seorang bayi asal Blambangan (Kabupaten Banyuwangi) yang dibuang ke laut oleh keluarganya, dan ditemukan oleh para pelaut anak buah Nyai Ageng Pinatih yang kemudian diberi nama Jaka Samudra. Setelah dewasa bergelar raden paku yang kemudian menjadi penguasa pemerintahan yang berpusat di Giri Kedaton,dari tempat inilah beliau kemudian dikenal dengan panggilan Sunan Giri.

Kenapa Bisa Disebut Dengan Kota Santri?

Berkat para wali wali tersebut agama Islam di Gresik mulai menyebar dan banyak yang memeluk agama Islam,Wajar jika Gresik disebut sebagai kota santri karena di wilayah Gresik dan sekitarnya terdapat banyak pondok pesantren dan nuansa islaminya cukup kental di wilayah Gresik.

gresiksatu.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline