Lihat ke Halaman Asli

Tips Pencegahan dan Pertolongan Pertama terhadap Penderita DBD, beserta Betapa Pentingnya Menerapkan 3M

Diperbarui: 6 November 2023   07:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Demam berdarah Dengue(DBD) merupakan penyakit infeksi yang di sebabkan oleh firus Dengue dan di tularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. DBD banyak dijumpai didaerah tropis dan subtropis seperti Indonesia. 

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi munculnya DBD. Diantaranya adalah rendahnya kekebalan tubuh masyarakat;kepadatan jentik nyamuk atau populasi nyamuk menular yang banyak ditemukan di musim penghujan;genangan air di tempat tempat tertentu seperti ban bekas, kaleng bekas, talang air, botol bekas, gelas bekas, lubang pohon, bambu, pelepah daun dan sebagainya. 

Tips pertolongan awal terhadap penderita DBD . 

1.tirah baring (bedrest) 

2.perbanyak minum air minimal 2 liter  perhari 

3.kompres hangat

4.berikan obat pereda demam. Jika  demam tinggi

5.Jika dalam 2-3 hari gejala semakin memburuk seperti tampak lemas, muntah-muntah, mimisan, pendarahan gusi, dan sebagainya segeralah dibawa ke rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk ditangani lebih lanjut.

Tips pencegahan DBD 

Selain itu, pencegahan DBD yang paling efektif dan efisien hingga saat ini yaitu dengan cara Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) menggunakan metode 3M Plus (Menguras, Menutup, Mendaur Ulang Barang Bekas).

1).Menguras
Bersihkan tempat yang sering dijadikan penampungan air seperti: ember air, bak mandi, penampungan air minum, penampung air lemari es, tong air, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline