Lihat ke Halaman Asli

Teori Keperawatan Menurut Faye Glenn Abdellah

Diperbarui: 24 Oktober 2022   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KONSEP TEORI KEPERAWATAN FAYE GLENN ABDELLAH 

Faye Glenn Abdellah mengembangkan teori keperawatan yang meliputi pemberian asuhan keperawatan bagi individu untuk memnuhi kebutuhan fisik, emosi, intelektual, social dan spiritual, baik klien maupun keluarga. Untuk melakukan pendekatan ini perawat memerlukan pengetahuan, keterampilan dalam hubungan interpersonal, psikologi, pertumbuhan dan perkembangan manusia, komunikasi dan sosiologi, juga pengetahuan tentang ilmu-ilmu dasar dan keterampilan keperawatan tertentu. (Gonzalo, 2021)

Perawat merumuskan gambaran tentang kebutuhan klien secara individual, yang terjadi  dalam bidang-bidang berikut ini:

  • Kenyamanan, kebersihan, dan keamanan.
  • Keseimbangan fisiologi
  • Faktor-faktor psikologi dan social.
  • Factor-faktor sosiologi dan komunitas (Potter dan Perry, 2017).

Abdellah memandang keperawatan sebagai seni dan ilmu yang membentuk sikap, kompetensi intelektual, dan keterampilan teknis perawat dalam membantu individu mengatasi kesehatannya, baik yang sehat maupun sakit (Alligood,2014).

Abdellah mengidentifikasi kebutuhan klien secara spesifik, yang dikenal dengan 21 masalah keperawatan yang terbagi dalam 4 kategori sebagai berikut: dasar untuk semua pasien, kebutuhan perawatan, kebutuhan perawatan perbaikan, dan kebutuhan perawatan restorative.

21 Masalah Keperawatan Abdellah sebagai berikut :

Kebutuhan Dasar Pasien 

  • Mempertahankan kebersihan dan kenyamanan fisik yang baik
  • Mempertahankan aktifitas, Latihan fisik, dan tidur optimal.
  • Mencegah terjadinya kecelakaan, cedera, atau trauma lain dan mencegah meluasnya infeksi.
  • Mempertahankan makanika tubuh yang baik serta mencegah dan memperbaiki deformitas.

Kebutuhan Perawatan Sustenal

  • Memfasilitasi masukkan oksigen kee seluruh sel tubuh.
  • Mempertahankan nutrisi untuk seluruh sel tubuh.
  • Mempertahankan eliminasi.
  • Mempertahakan keseimbangan caian dan elektrolit.
  • Mengenali respon-respon fisiologi tubuh terhadap kondisi penyakit patologis, fisiologis, dan kompensasi.
  • Mempertahan mekanisme dan fungsi regulasi
  • Mempertahankan fungsi sensorik

Kebutuhan Perawatan Perbaikan

  • Mengidentifikasi dan menerima ekspresi, perasaan, dan reaksi positif dan negative.
  • Mengidentifikasi dan menerima adanya hubungan timbal balik antara emosi dan penyakit organic.
  • Mempertahankan komunkasi verbal dan non verbal.
  • Memfasilitasi  perembangan hubungan interpersonal yang produktif.
  • Memfasilitasi pencapaian tujuan spiritual personal yang progsesif
  • Menghasilkan atau mempertahankan lingkuungan terapeutik.
  • Memfasilitasi kesadaran diri sendiri sebagai individu yang memiliki kebutuhan fisik,emosi, dan perkembangan yang berbeda.

Kebutuhan Perawatan Restoratif 

  • Menerima tujuan optimal yang dapat dicapai sehubungan dengan keterbatasan fisik dan emosional.
  • Menggunakan sumber-sumber dikomunitas sebagai sumber bantuan dalam mengatasi masalah yang muncul akibat dari penyakit.
  • Memahami peran dari masalah social sebagai factor-faktor yang mempengaruhi dalam munculnya suatu penyakit.

Asuhan keperawatan menurut abdellah adalah melakukan sesuatu atau memberikan informasi kepada individu, keluarga dengan tujuan memenuhi kebutuhan, meningkatkan atau memulihkan dan membantu kemampuan diri atau  mengurangi keterbatasan. Untuk melakukan hal tersebut perawat membutuhkan pengetahuan tentang ilmu pengetahuan dasar dan keterampikan perawatan khusus, keterampilan pengetahuan dalam psikologi komunikasi, pertumbuhan dan perkembangan sosiologi dan hubungan interpersonal (Gonzallo, 2021).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline