Lihat ke Halaman Asli

Apa yang Dimaksud dengan Teori Keperawatan?

Diperbarui: 24 Oktober 2022   10:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori keperawatan adalah upaya untuk menyusun model konsep dalam keperawatan yang di aplikasi berdasarkan sistem perawat. Hal ini memungkinkan perawat untuk menerapkan pengetahuan ilmiah yang dianggap sesuai dengan batas kewenangannya seorang perawat yang sedang bertugas. 

Model Sistem Perilaku (Johnson Behavioral System Model) dikandung dan dikembangkan oleh Dorothy Johnson saat dia menjadi profesor keperawatan di University of California, Los Angeles (UCLA). 

Bertujuan untuk menentukan model praktik keperawatan berdasarkan tentang keyakinan dan nilai yang mendasarinya. Maka dari itu model konsep keperawatan ini digunakan. Tugasnya untuk mengklarifikasi misi sosial keperawatan dari perspektif pandangan klien yang secara teoritis masuk akal.

Teori Dorothy Johnson berkaitan dengan apa yang dibutuhkan perawat yang berbasis pengetahuan untuk asuhan keperawatan (Johnson, 1959, 1961). Sepanjang karirnya, Johnson menjelaskan bahwa keperawatan memiliki kontribusi independen yang unik untuk perawatan kesehatan yang berbeda dari "perawatan medis yang didelegasikan". Johnson adalah salah satu "ahli teori besar" dan dipandang sebagai model konseptual. 

Modelnya adalah yang pertama memberikan panduan untuk memahami dan panduan untuk bertindak. Kedua ide pemahaman dilihat sebagai holistik, proses sistem perilaku yang dimediasi oleh kerangka kerja yang kompleks dan sebagai proses aktif dari pertemuan dan respon adalah pusat pekerjaan ahli teori lain yang mengikuti petunjuknya dan mengembangkan model konseptual untuk praktik keperawatan

• Nama :Husni mubarok

• Nim :130022056

• Prodi :S1 Keperawatan

• Universitas Nadhatul Ulama

• Tugas UTS Bahasa Indonesia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline