Interior kantor yang estetik dan nyaman memiliki peran penting dalam mendukung aktivitas pekerja kantoran apalagi pada masa new normal. Di Indonesia sendiri telah ada kebijakan dari pemerintah mengenai tatanan ruang kantor yang baik untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dengan konsep new normal, mengubah tatanan ruang kantor yang kurang tepat dapat menurunkan nilai estetika maupun kenyamanann di dalamnya. Berikut beberapa tips untuk menciptakan interior kantor yang estetik dan nyaman di era new normal:
1. Membaharui tata letak denah perabot pada kantor
Sesuai dengan kebijakan pemerintah Indonesia untuk mencegah penyebaran Covid-19 setiap orang disarankan untuk menjaga jarak dari yang lain minimal 2 meter. Maka aturan ini juga harus diterapkan pada tatanan ruang interior yang ada. Pola peletakkan perabot yang teratur akan menciptakan psikologi desain yang mempengaruhi para pekerja untuk bekerja lebih rapi dan bersemangat. Sehingga meskipun menjaga jarak tetapi pekerja dapat tetap beraktivitas dengan nyaman.
2. Mengatur sirkulasi ruang sesuai dengan aturan new normal
Pola sirkulasi dapat juga berfungsi untuk mendukung upaya jaga jarak dalam ruang. Sirkulasi efisien seperti sirkulasi linear dan sirkulasi berjalan satu arah mungkin menjadi pola sirkulasi yang tepat untuk era new normal ini.
3. Memanfaatkan teknologi yang ada
Dengan adanya teknologi yang dilengkapi sistem kerja yang efisien akan memudahkan para pekerja kantoran untuk beraktivitas. Penerapan teknologi dalam menjaga protokol kesehatan pada area kantor juga sangat penting untuk diterapkan pada masa pandemi ini.
4. Mengatur intensitas cahaya pada kantor