Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Budaya Literasi pada Kalangan Mahasiswa dengan Alternate Universe

Diperbarui: 2 November 2022   13:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada masa sekarang ini banyak generasi muda yang memiliki minat baca rendah. Banyak di antara mereka merupakan mahasiswa yang secara sadar atau tidak sadar lalai akan tulisan-tulisan di sekitarnya. Padahal seorang mahasiswa dituntut menjadi agen perubahan (agent of change). Mereka seharusnya memiliki kesadaran dan peka terhadap lingkungan sekitar. Sejatinya, literasi itu merupakan suatu hal yang sangat penting bagi para mahasiswa. Mahasiswa yang jarang melakukan literasi biasanya akan mengalami kesulitan. Kesulitan yang dimaksud adalah ketika mereka menyusun makalah atau laporan. 

Kebiasaan membaca memiliki banyak manfaat. Dengan meningkatkan literasi, mahasiswa dapat memiliki keterampilan dan membentuk pola perilaku membaca yang baik. Orang yang senang membaca dapat memperoleh banyak informasi. Sebuah bacaan dapat mempengaruhi sikap dan cara berperilaku manusia. Suatu bacaan dapat menjadi negatif ataupun negatif, hal tersebut tergantung pada persepsi masing-masing orang. Mahasiswa perlu meningkatkan minat baca mereka untuk meningkatkan etos kerja mereka. Kemudahan dalam mengakses sumber bacaan juga menjadi pengaruh minat baca para mahasiswa. 

Pada saat ini, sumber bacaan dapat diperoleh dari mana saja. Internet telah mempermudah manusia dalam segala hal, dengan ini tentunya sangat membantu kehidupan manusia pada berbagai aspek. Dengan internet semua hal akan mudah diakses, termasuk sumber bacaan yang biasanya digunakan sebagai acuan para mahasiswa untuk menyusun sebuah karya. Banyak platform yang menghadirkan sumber bacaan gratis. Di sana terdapat berbagai bacaan yang dapat meningkatkan literasi mahasiswa. Banyak diantaranya menyajikan alternate universe yang saat ini sedang diminati oleh kalangan penggemar. 

Alternate universe atau AU merupakan cerita fiksi yang biasanya dibuat oleh penggemar seorang idola. Pada sebuah media sosial, AU sangat ramai diminati karena menarik para penggemar. Jenis cerita tersebut banyak diminati karena mudah untuk dimengerti pembaca. Sering digunakan visualisasi artis-artis dalam Alternate Universe. Penulis AU membuat unsur-unsur dalam cerita menjadi lebih menarik dengan pengkarakteran yang unik. Karakter dalam cerita AU dibuat sesuai dengan keinginan penulis. Biasanya, karakter diubah dan tidak sesuai dengan fakta para idola yang disebutkan.  Alur cerita AU biasanya bersambung, hal ini membuat pembaca penasaran.

Genre dalam Alternate Universe bermacam-macam, seperti romance, persahabatan, sekolah, dan lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, beberapa penulis AU menyelipkan edukasi juga pada cerita mereka. Hal ini tentu sangat berguna dan menambah wawasan bagi pembaca. Berbagai edukasi sering yang sering disisipkan misalnya tentang penyakit yang tidak banyak diketahui orang. Dengan penyampaian yang mudah dimengerti dapat menjadikan AU sebagai ladang edukasi yang secara tidak sengaja ditemukan oleh pembaca. Meski terkadang informasi yang disampaikan dalam AU dinilai tidak terlalu penting, tapi informasi tersebut dapat menambah pengetahuan mahasiswa akan suatu hal. Pikiran mahasiswa menjadi lebih terbuka dan mengerti bahwa ada banyak hal yang selama ini tidak mereka ketahui. 

Terkadang juga ada sesuatu yang tidak kita ketahui nama atau asal usulnya, namun saat membaca AU disebutkan informasi mengenai sesuatu tersebut. AU tidak hanya menambah minat baca mahasiswa di dunia literasi, pembaca dapat menulis dan menghasilkan karya mereka sendiri. Hal ini sangat membantu mahasiswa untuk menambah kosa kata mereka dalam penyusunan karya yang berkaitan dengan dunia perkuliahan. Dengan karya tersebut, mahasiswa pasti akan berpikir kritis dan gemar menulis. Sikap seperti itu merupakan sikap yang dapat meningkatkan kualitas mahasiswa dan berpengaruh terhadap aspek sikap lainnya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline