Lihat ke Halaman Asli

106_Muhammad miftah fdz

mahasiswa bahasa indonesia

Pendidikan Bahasa Dalam Upaya Membentuk Manusia Beradab

Diperbarui: 1 November 2021   08:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan merupakan proses untuk penyempurnaan atau memperbaiki keterampilan dan sikap seseorang untuk mengubah dirinya menjadi lebih baik. Dengan adanya pendidikan, manusia dilatih untuk bernalar dalam memecahkan masalah yang dia hadapi, sehingga timbul pola pikir yang berkembang dan maju. kodrat manusia sebagai makhluk yang berdiri sendiri memiliki cipta, rasa, dan karsa. Pembelajaran Bahasa juga memerlukan nilai keadilan dan kesetaraan selama penerapannya dalam sekolah.

Dalam dunia pendidikan tidak lepas dari peranan Bahasa dalam membentuk pribadi seseorang, Bahasa memiliki fungsi sebagai komunikasi baik berupa tertulis maupun lisan. Bahasa dalam masyarakat merupakan tanda untuk mengetahui ciri khas daerah tersebut, contohnya seperti daerah Jawa Barat yang menggunakan Bahasa Sunda untuk khas daerah itu. Setiap daerah memiliki Bahasa yang khas dalam artian tidak dimiliki oleh daerah lain, jikalaupun sama bahasanya akan tetap memiliki pembeda baik dari logat maupun pelafalannya. Pendidikan berupaya untuk menciptakan manusia yang bisa melihat realitas, berpikir kritis, dan meningkatkan kreativitas. 

Proses pendidikan Bahasa mampu membentuk manusia yang dapat memahami perbedaan dan dirinya sendiri, kemanusiaan menjadi bagian penting dalam pendidikan. Pendidikan Bahasa dapat mendidik manusia menjadi manusia yang seutuhnya atau sempurna, saling mengkasihi menghargai perbedaan diantara individu. Membentuk karakteristik manusia yang mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa khas mereka dengan cara bernalar dalam menyelesaikan sesuatu masalah yang terjadi sehingga menimbulkan manusia yang dewasa. Sehingga terciptanya manusia yang memiliki integritas moral pada nilai kemanusiaan.

Pembelajaran Bahasa berperan mewujudkan manusia  yang dapat menghargai perbedaan dan memahaminya. Sehingga terciptanya individu yang memiliki integritas moral pada nilai kemanusiaan. Guru maupun murid harus sama-sama memahami dan mengamalkan unsur memanusiakan manusia dalam lingkup sekolah, merujuk pada manusia yang sesuai dengan kodratnya yaitu makhluk ciptan Tuhan Yang Maha Esa.        




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline