Lihat ke Halaman Asli

Program Market Place Nadiem Makarim, Muncul Pro Kontra?

Diperbarui: 8 Juni 2023   09:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa itu marketplace guru? marketplace guru adalah sebuah program daring yang di usulkan oleh Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, yang bertujuan untuk menghubungkan guru dan murid secara online serta untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan dan memfasilitasi pembelajaran jarak jauh. 

Saat ini marketplace guru menjadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia, terutama di kalangan para tenaga pendidik. Banyak yang meneliti tentang marketplace guru karena kabar yang mengejutkan yang berkaitan dengan para tenaga pengajar di seluruh Indonesia.

Ternyata tidak banyak yang tahu jika usulan marketplace ini menjadi pro-kontra dikarenakan dinilai menjadi sebuah masalah besar kedepannya, Kenapa?

Karena permasalahannya ada pada para tenaga pengajar terutama pada guru honorer. Dengan begitu jelas para pengajar kontrak tidak sama dengan para PNS. dikarenakan mereka memiliki gaji yang besar sehingga kehidupannya mapan, gaji yang dimiliki guru honorer bisa dikatakan sangat sedikit dan standar jika dibanding dengan ukuran UMR terkadang juga gaji yang mereka terima harus ditahan selama berbulan-bulan karena harus menunggu pencairan dana sekolah maupun juga dari dana Bo. tidak hanya itu banyak resiko yang banyak mengintai seperti pensiun,pindah,berhenti, maupun meninggal dunia yang tidak dapat diantisipasi. 

Masing-masing sekolah terkadang juga tidak menerima tenaga pendidik yang baik atau sesuai dengan kualitas mengajar yang dibutuhkan, sehingga berdampak negatif terhadap kualitas pendidikan sekolah. Karena hal itu Nadiem Makarim berencana membuat marketplace untuk tenaga pengajar 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline