Lihat ke Halaman Asli

Erika Marisa Berliana

Universitas Negeri Jakarta Pendidikan Bahasa Jerman

Peranan Pancasila di Era Globalisasi

Diperbarui: 6 Desember 2023   19:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia memiliki peran penting dalam menggerakkan masyarakat menuju era globalisasi. Secara umum, peran Pancasila dalam era globalisasi dapat disimpulkan demikian:

1. Pancasila sebagai Dasar Pemersatu Bangsa 

Pancasila menjadi dasar pemersatu bangsa Indonesia yang merupakan beragam etnis, agama dan budaya. Pancasila menjadi pedoman kita dalam menyikapi perbedaan tersebut, sehingga dengan adanya Pancasila dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

2. Pancasila Sebagai Dasar Keadilan Sosial

Pancasila menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan keadilan sosial. Oleh karena itu, Pancasila menjadi dasar bagi Indonesia dalam memberikan keadilan sosial kepada masyarakat, baik dari segi ekonomi, politik maupun sosial.

3. Pancasila Sebagai Pedoman Hidup Bangsa

Pancasila menjadi pedoman kita dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, dari bidang pendidikan, sosial. Pancasila menjadi dasar bagi kita untuk menjaga nilai-nilai moral dan etika dalam melakukan berbagai kehidupan bermasyarakat.

4. Pancasila Sebagai Ideologi Global

Pancasila juga menjadi ideologi global karena nilai-nilai Pancasila dapat diimplementasikan di seluruh dunia. Pancasila juga mengutamakan keadilan sosial dan persatuan, yang merupakan prinsip yang penting dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas dan keberagaman di tingkat global.

Jadi, Pancasila sangat penting untuk dijadikan pedoman terlebih pada era globalisasi yang memiliki peran penting dalam menciptakan dunia yang lebih adil dan harmonis di masa yang akan datang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline