Lihat ke Halaman Asli

Rinna Ardina

Mahasiwa Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa PMM UMM Kelompok 48 Beri Edukasi Sosial Budaya Negara China di Panti Asuhan Ahlaqul Kharimah

Diperbarui: 11 Maret 2022   12:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kelompok 48 gelombang 2 PMM-UMM 2022 kali ini melakukan pengabdian di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah, tepatnya di Jl. Joyo Grand, Merjosari-Malang pada 16 Februari 2021.

Pandemi yang menyerang hampir seluruh negara yang ada di dunia membuat kita semua terpaksa untuk melakukan semua kegiatan di rumah, baik itu belajar atau bekerja, dengan adanya kebijakan seperti ini membuat kita semua mengalami banyak kendala untuk dapat  mengakses pendidikan, maka dengan adanya kegiatan ini, seluruh anak-anak panti asuhan diharapkan tetap dapat belajar secara optimal dan tidak membosankan. Oleh karena itu, Kelompok 48 Gelombang 2 ini memiliki program kerja mengenai edukasi tentang negara, walaupun anak-anak panti melakukan anak-anak panti melakukan sistem belajar yang hanya dilakukan dengan menatap layar komputer atau handphone, dengan itu kami berharap bahwa adanya program kerja tersebut memberikan ilmu anak-anak panti walaupun belum pernah ke negara tersebut.

Dengan program kerja Edukasi Keragaman Sosial dan Budaya di Negara China tersebut bertujuan untuk mmemberikan informasi mengenai keragaman aspek sosial dan budaya yang ada di negara China.

Pada tanggal 16 Februari 2022 diawali dengan edukasi sosial dan budaya di negara China dengan menyajikan informasi mengenai budaya, pakaian khas, makanan khas, sejarah, sampai pada keadaan sosial dari negara tersebut dan tidak hanya itu kami juga berbagi pengalaman tentang salah satu anggota kami yang pernah tinggal di China, dengan itu anak-anak panti sangat tertarik karena mendengarkan langsung dari salah satu anggota kami yang pernah tinggal disana.

Tak hanya materi yang diberikan, adanya sesi tanya jawab dan game merupakan salah satu usaha dari pemateri ahar audience tetap dapat menerima materi dengan baik dan emngurasi rasa bosan. Anak-anak terlihat aktif saat sesi tebak-tebakan, karena siapa yang berhasil menjawab dengan benar akan mendapatkan hadiah.

“ Dengan adanya kegiatan seperti ini saya berharap dapat memberikan anak-anak informasi yang sangat bermanfaat tentunya walaupun di tengah masa pandemi ini “ ujar Rinna selaku pemateri, Rabu (16/2)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline