Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKM UIN Malang dan SMPN 2 Jabung Bersinergi Mewujudkan Program Adiwiyata

Diperbarui: 24 Januari 2024   23:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi 

Mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang kelompok 42 dan 43 yang letak KKM-nya di Desa Slamparejo, Kab. Malang turut mewujudkan program adiwiyata yang memang salah satu program sekolah SMPN 2 Jabung. Program adiwiyata merupakan program dari Kementrian Lingkungan Hidup yang memiliki tujuan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Sehingga dengan adanya program tersebut diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan sehat dan menghindari dampak lingkungan negatif.

Kegiatan ini berupa labeling tanaman yang ada dibeberapa titik sekolah. Kegiatan yang dimulai pada hari Senin (8/01) ini telah melabel ratusan tanaman yang ada di seluruh penjuru sekolah. Dalam menjalankan kegiatan tersebut Mahasiswa KKM ini membagi zona sekolah menjadi 3 zona. Yakni zona 1, zona 2 dan zona 3. Zona 1 yang terletak di halaman sekolah, zona 2 terletak di pinggir lapangan dan tak lupa zona 3 yang letaknya di depan ruang kelas 7.

Dok. Pribadi 

Terdapat dua tujuan, yakni tujuan khusus dan tujuan umum. Hal ini diungkapkan langsung oleh Mahasiswa KKM yang menjadi Penanggung Jawab SMPN 2 Jabung, Maulida Fiha. ia menuturkan bahwa "tujuan khususnya adalah agar program yang juga menjadi program sekolah ini bisa terealisasi. Lain lagi tujuan umum, yakni agar warga sekolah SMPN 2 Jabung dapat mengetahui tanaman-tanaman yang ada disekitar sekolah. Sehingga dalam hal tumbuhan SMPN 2 Jabung selangkah lebih maju." Kegiatan labeling tanaman telah berjalan selama 3 minggu dan berakhir pada hari selasa (23/01). Semoga dengan berjalannya kegiatan labeling tanaman dapat bermanfaat bagi seluruh warga sekolah SMPN 2 Jabung secara umum dan Mahasiswa KKM secara khusus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline