Lihat ke Halaman Asli

IQBAL_ZF

Stylish

Public Speaking dan Grooming sebagai Bekal menjadi Bankers

Diperbarui: 11 Desember 2023   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum wr. Wb.

Semoga kalian diberi kebahagiaan selalu, untuk para pembaca dan penulis.

Artikel ini dibuat karena penulis akan menyampaikan tentang salah satu dari bagaimana menjadi bankers professional dari bank muamalat. Jika kalian pernah ke bank dan melihat pegawai bank, mereka memiliki kepercayaan diri dan kelugasan dalam melayani nasabah. Mereka bisa seperti itu karena mempunyai skill public speaking dan grooming. Kedua skill ini yang akan penulis jelaskan dalam artikel kali ini.

  • Public speaking

Kalian pasti pernah ditunjuk maju untuk presentasi dan akan menyampaikan materi di depan teman-teman kalian. Penyampaian materi kalian jika mudah dimengerti mereka akan paham dengan materi yang kalian sampaikan. Sedangkan jika penyampaian materi kalian tidak jelas, mereka akan sulit untung menangkap apa yang kalian bahas. Ini merupakan contoh dari public speaking. Public speaking merupakan cara bagaimana seseorang untuk menyampaikan, mengedukasi, menghibur, dan kata-kata akan bisa memengaruhi seseorang atau kelompok.

            Bagaimana cara kita sebagai public speaker dapat menyampaikan materi kita dengan jelas? Pertama, dengan membuat diri anda percaya diri. Dengan tingginya tingkat percaya diri kita, maka kita dapat menyampaikan materi yang akan dibawakan tanpa grogi. Kedua, memakai gestur tubuh seperti saat menyampaikan sesuatu kemudian tangannya juga ikut menyampaikan sesuatu atau dengan memberikan bantuan memakai gerakan tangan. Kemudian terakhir mencari cara kita sendiri jika akan public speaking, ini merupakan cara yang paling ampuh jika kalian ingin public speaking. Contoh sebelum kalian ingin public speaking kalian makan coklat agar tidak grogi, dan lain-lain.

            Lalu hubungannya dengan menjadi bankers? Tentu semakin bagus kita dalam public speaking, kita akan akan semakin baik dalam melayani nasabah. Jika ada nasabah yang menanyakan sesuatu kepada kita akan dengan gercep memberikan mereka informasi yang jelas. Inilah yang membuat para bankers dapat melayani nasabah dengan baik dan nasabah pun memahami maksud dari bankers tersebut.

  • Grooming

Ada satu skill lagi yang perlu di upgrade jika kalian ingin menjadi bankers yang professional. Skill tersebut bernama grooming. Apa itu grooming? Grooming adalah seni (praktik) merawat diri untuk meningkatkan penampilan fisik dan kesehatan secara keseluruhan, meliputi cara merawat kulit, merawat rambut, dan memilih pakaian.

            Manfaat dari grooming yakni :

  • Meningkatkan rasa percaya diri.
  • Menciptakan kesan positif.
  • Meningkatkan kesejahteraan psikologis.
  • Menunjukkan kedisiplinan dan tanggung jawab.

Dengan memberikannya grooming yang baik pada diri kita, orang lain akan melihat kita sebagai orang dengan aura positif. Ini pun termasuk sebagai personal branding dari diri kita. Personal branding merupakan cara kita memasarkan diri kita sendiri terhadap bagaimana orang lain melihat kita. Pentingnya personal branding yakni agar :

  • Menciptakan first impression yang positif.
  • Menciptakan citra professional
  • Menarik minat lawan jenis (optional)

Personal branding tidak hanya tentang berpenampilan luar, tetapi juga merupakan langkah dalam membangun fondasi personal branding yang kokoh.

Para bankers tentu merawat penampilan mereka pada saat di dalam bank. Karena dengan penampilan mereka, dapat terlihat enak dimata nasabah. Sehingga nasabah yang dilayani untuk membuka rekening, atau melakukan transaksi merasa nyaman. Ini merupakan skill dari grooming dalam perbankan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline