Lihat ke Halaman Asli

4 Macam Gangguan Kognitif Pada Anak

Diperbarui: 23 April 2021   07:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Gangguan kognitif pada anak adalah kondisi yang mempengaruhi keterampilan berpikir pada anak. Anak yang memiliki gangguan kognitif akan memiliki kesulitan dalam ingatan, belajar, dan persepsi. 

Sebagai orang tua kita wajib mengetahui jenis gangguan kognitif pada anak agar kita dapat mengetahui kondisi tumbuh kembang anak sejak dini dan kita dapat mencegah agar tidak mengganggu kehidupannya ketika dewasa nanti.

  • Speech Delay (Gangguan kognitif pada keterlambatan berbicara)

Gangguan kognitif pada anak ini menghambat segala hal yang berkaitan dengan produksi bahasa dan kata-kata. Salah satu sebabnya yaitu seringnya anak bermain gadget, tidak kah kita menyadari bahwa gadget menjadikan interaksi sosial anak menjadi berkurang, sehingga membentuk pribadi yang cenderung introvert dan individualis. 

Sedangkan seharusnya anak bisa mengenal dunia bermain dan berinteraksi dengan teman-temannya. Dengan begitu secara tidak langsung anak belajar berbicara dan segala hal yang berkaitan dengan produksi bahasa dan kata-kata. Untuk itu sebagai orang tua sebisa mungkin mampu mengontrol dan memberikan pengewasan yang baik terhadap anak.

Baca Juga: Perkembangan Kognitif Anak Menurut Jean Piaget

  • Kognitif Delay (Gangguan kognitif pada keterlambatan perkembangan)

Setiap anak memiliki kecepatan perkembangan yang berbeda-beda. Proses perkembangan kognitif memerlukan perkembangan yang optimal. Biasanya pola perkembangan ini bertahap dari mulai perkembangan motorik kasar lalu berlanjut pada perkembangan kognitif halus. Jika perkembangan otidak pada anak tidak berkembang dengan baik karena gangguan kognitif tertentu maka hal ini dapat berpengaruh pada keterlambatan kognitif anak.

  • Gangguan Kognitif pada Anak dalam Psikologis

Gangguan ini meliputi perubahan emosi, perilaku, kinerja mental dan fungsi fisiknya. Permasalahan ini dapat dilatarbelakangi oleh sebab-sebab seperti pola pengasuhan yang diberikan ayah dan ibu, masalah keluarga, trauma mendalam, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Teori Perkembangan Psikososial Erick Erickson

  • Gangguan Kognitif Pada Tidur Anak

Jika anak mengalami gangguan ini maka orang tua harus mampu mengendalikan jam tidur anak pada waktu yang seharusnya. Hindari juga anak terjaga sampai larut malam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline