Lihat ke Halaman Asli

06_Ardya Gracia

Yang pasti-pasti aja

Komunikasi Persuasif

Diperbarui: 27 November 2024   14:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gendingsari,sembur,sumber,Tirtomartani,kec.Kalasan,Kabupaten Sleman,Daerah Istimewa Yogyakarta

Jln.Solo KM.13 No.32,Kringinan,Tirtomartani,kalasan,Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta

Berikut analisis dari kedua baliho berdasarkan teori komunikasi persuasif dan teori kampanye serta propaganda:

Informasi Lokasi Baliho

Baliho 1: Gendingsari, Sembur, Sumber, Tirtomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baliho 2: Jl. Solo KM.13 No.32, Kringinan, Tirtomartani, Kalasan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta.

---

1. Analisis Berdasarkan Teori Pertimbangan Sosial (Social Judgment Theory)

Social Judgment Theory menekankan bahwa keberhasilan sebuah pesan persuasif bergantung pada sejauh mana pesan tersebut berada dalam latar belakang nilai, sikap, dan kepercayaan audiens. Ada tiga zona utama: latitude of acceptance (wilayah penerimaan), latitude of non-commitment (wilayah netral), dan latitude of rejection (wilayah penolakan).

Baliho 1: Arya Green Kalasan

1. Isi Pesan: Baliho ini menekankan keuntungan membeli rumah di lokasi tersebut seperti "Lokasi strategis," "Lingkungan aman & nyaman," hingga adanya bonus barang elektronik. Pesan ini dirancang untuk menarik perhatian audiens yang mencari perumahan praktis, siap huni, dan dilengkapi fasilitas tambahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline