Setiap kelompok tentu memiliki salah seorang yang memegang semua kendali di dalam kelompok tersebut yakni sebuah pemimpin, tugas pemimpin sendiri yakni mengatur dan mengurus segala hal yang terjadi didalam suatu kelompok mulai dari tanggung jawab sebagai penengah dan pemegang kendali. Keberhasilan dalam suatu kelompok juga dapat di tentukan dari bagaimana kualitas dari pemimpin kelompok tersebut apakah sudah melakukan tugasnya dengan baik atau malah membiarkan kelompoknya berjalan seadanya tanpa adanya sebuah tanggung jawab serta pengawasan dari pemimpin.
Sebagai seorang pemimpin tentu bukan hanya sekedar nekat atau sekedar ingin menjadi penguasa yang bisa mengatur segalanya dengan keinginannya sendiri melainkan seorang pemimpin juga harus memiliki sebuah keterampilan yang harus ia kuasai. Berikut ada beberapa skill yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin:
- Skill komunikasi
Keterampilan pertama yang harus dimiliki seorang manajer adalah keterampilan komunikasi. Soft skill ini adalah suatu keharusan, karena sebagai manajer Anda berbicara dengan banyak orang. Jangan hanya berbicara, komunikasikan, dan cepat pahami apa yang dibicarakan rekan Anda. Seorang pemimpin tidak hanya berkomunikasi dengan anggota tim Anda, tetapi juga dengan pihak lain.
- Skill mengambil keputusan
Soft skill lain yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah kemampuan mengambil keputusan. Seseorang yang bekerja sebagai manajer menghadapi banyak masalah. Masalah ini bukan hanya karena pekerjaan, tetapi juga karena masalah anggota tim secara pribadi di perusahaan. Ya, sangat penting bagi manajer untuk dapat membuat keputusan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan anggota tim dan pekerjaan mereka.
Mengambil keputusan bukanlah hal yang mudah. Karena keputusan ini bisa merugikan orang lain jika tidak dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, sebagai seorang manajer, ada banyak risiko yang harus dipertimbangkan.
- Skill manajemen
Pemimpin juga harus memiliki kemampuan untuk memimpin anggota timnya. Setiap orang di tim memiliki kepribadian dan keterampilan yang berbeda. Ini mengasumsikan bahwa manajer memiliki keterampilan manajemen yang baik. Manajer harus dapat mengalokasikan pekerjaan secara adil dan sesuai dengan kemampuan anggota timnya.
- Skill problem solving
Setiap masalah pasti memiliki penyelesaiannya dan tidak setiap orang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan baik. Akan ada banyak ide dan masukan dari tim Kamu yang akan membantu Kamu menyelesaikannya akan tetapi keputusan terakhir ada pada pemimpin. Pemimpin yang akan memutuskan mana solusi yang paling baik ini. Hal ini tidak hanya membutuhkan keberanian tapi juga membutuhkan kemampuan berpikir yang tinggi agar keputusan yang diambil memiliki risiko yang paling minim.
- Empati
Selain itu, manajer harus memiliki empati. Pemimpin yang kurang empati hanya menguntungkan diri mereka sendiri dan mungkin perusahaan. Ini sangat buruk karena dapat menyebabkan Anda dan bisnis Anda kehilangan loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melatih empati Anda agar konsumen dan bisnis senang dengan kinerja Anda.
Selain dari beberapa keterampilan yang telah di sebutkan di atas salah satu keterampilan yang benar-benar dibutuhkan oleh seorang pemimpin adalah personal power. Menurut Gary Yukl (1996) personal power berasal dari keahlian dalam tugas, persahabatan, kesetiaan, kemampuan persuasif dan karakteristik dari seorang pemimpin. Seorang dengan personal power yang tinggi mereka yang dapat memberikan reward dan punishment, mereka yang dihormati, mereka yang diterima sebagai individu yang memiliki kewenangan sah, dan mereka yang ahli dalam bidang tertentu, serta mereka yang memiliki informasi yang bermanfaat memiliki potensi untuk berkuasa pada suatu grup atau kelompok.
Pada dasarnya sumber dari kekuasaan berasal dari diri seorang pemimpin. Personal power sendiri dibagi menjadi 6, diantaranya yakni:
- Expert Power
Kekuasaan yang muncul karena seorang pemimpin memiliki keahlian yang bersumber dari pengalaman dan pendidikan. Kemampuan seorang pemimpin yang memiliki expert power yaitu:
- Dapat memberi saran-saran secara teknis secara baik.
- Dapat berbagi pertimbangan, pengalaman, dan pelatihan.
- Dapat menyediakan saran-saran yang berhubungan dengan pekerjaan.
- Dapat menyediakan pengetahuan teknis yang dibutuhkan oleh para anggota kelompoknya.
- Referent Power
Kewibawaan yang muncul karena pemimpin memberikan contoh keteladanan yang positif. Kemampuan yang dimiliki oleh seorang pemimpin dengan referent power diantaranya yakni:
- Dapat membuat bawahan meresa dihargai.
- Dapat membuat bawahan merasa diterima selaku pribadi.
- Dapat membuat bawahan merasa penting.
- Information Power
Otoritas seseorang muncul karena seseorang manajer memiliki banyak informasi yang mereka butuhkan di bawah dia.
- Connection Power
Kekuatan seorang pemimpin karena mereka memiliki banyak hubungan dengan orang lain, terutama orang-orang penting.
- Persuasive Power
Kewibawaan manajerial yang bersumber dari kemampuan atasan untuk membujuk atau meyakinkan bawahan dengan cara yang memotivasi bawahan untuk bekerja.
- Traditional Power
Kekuasaan berdasarkan warisan nilai-nilai tradisional individu.
Dari beberapa penjelasan yang sudah di jelaskan di atas bahwa dapat disimpulkan bahwa personal power dapat sangat berpengaruh atau sangat penting bagi seorang pemimpin karena apabila seorang pemimpin dengan personal power yang tinggi tentu akan menjamin keberhasilan dari dari kelompok tersebut. Karena tentu pemimpin yang memiliki memiliki personal power yang tinggi mesti memiliki beberapa keterampilan yang cukup memadai juga salah satunya dapat membuat anggota merasa dihargai yang dimana para anggota tentunya dapat bekerja dengan sukarela dan dengan ketulusan hati.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H