Lihat ke Halaman Asli

Mengusut Tuntas Pengaruh Bank Emok terhadap Kestabilan Ekonomi

Diperbarui: 6 Desember 2023   08:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Bank Emok.Sumber (https://images.app.goo.gl/xU8k7xhnCAVQ8nEy9)

Rifa Khoerunnisa

PENDAHULUAN

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri melainkan butuh pertolongan orang lain. Manusia hidup dengan bersama sama dengan bentuk bermasyarakat. Yakni hidup bersama sama dengan kedamaian dan hidup yang saling tolong menolong. Tujuan hidup dari masyarakat yaitu untuk memenuhi kebutuhan. Karena dengan kebutuhan masyarakat bisa mencapai kebahagiaan dalam hidupnya. Kebutuhan yang harus tercapai yaitu berupa kebutuhan primer, sekunder, tersier dan kebutuhan yang lainnya.

Memenuhi kebutuhan dalam pandangan islam yaitu sesuai dengan tujua yang terkait pada tujuan utama sebagai muslim yaitu untuk beribadah. Alloh menghiasi manusia dengan hawanafsu untuk memenuhi kebutuhannya, karena dengan hawa nafsu maka akan muncul keingginan pada diri manusia. Alloh pun berfirman dalam QS. Ali Imran [14]. Yang menjelaskan dalam Islam kebutuhasn sesuai dengan aspek hukum Islam yaitu menjauhi yang haram dan lebih mengutamakan yang halal. Dan tujuan adanya kebutuhan adalah senantiasa untuk kebahagiaan di dunia.[1]

 

Kebutuhan manusia sangat banyak bahkan beraneka ragam yang sesuai dengan kebudayaan dan peradaban masa sekarang. Kebutuhanmanusia sangat mempengaruhi keberlangsungan hidupnya. Ketika kebutuhan yang memang harus tercapai sulit untuk mencapainya, maka akan berdampak negatif, seperti halnya manusia yang kelaparan, tidak mempunyai tempat tinggal sehingga meningkatnya kemiskinan dan anak anak malang yang tinggal di pinggir jalan dan lain sebagainya.

 

Memenuhi kebutuhan perlu usaha untuk mendapatkannya yaitu dengan adanya uang sebagai alat tukar. Dizaman dahulu ketika masyarakat menginginkan kebutuhannya, mereka melakukan transaksi secara barter. Alat tukar sekarang yang dipakai oleh masyarakat yaitu menggunakan uang. Uang adalah sebuat alat tukar untuk mendapatkan kebutuhan yang diinginkan. Oleh karena itu, masyarakat berusaha mencari uang dengan mengorbankan tenaga, pikiran untuk mendapatkan uang tersebut. Sehinga mampu terpenuhinya kebutuhan. Uang adalah hal yang pernting bagi manusia guna tercapainya keinginan dan kebutuhan. Uang pun sangat berperan penting dalam perekonomian masyarakat.

 

             Salah satu usaha untuk mendapatkan uang sekaligus tercapainya kebutuhan, masyarakat yaitu dengan bekerja seperti berdagang,  dan melakukan kegiatan ekonomi yang lainnya seperti membuat usaha untuk mendapatkan uang. Namun ketika uang yang didapati  terbatas maka akan mempengaruhi keterlambatannya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Sehingga berdampak terhadap perekonomian masyarakat yang melemah. Oleh karena itu, masyarakat harus mencari solusi untuk memenuhi kebutuhannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline