Lihat ke Halaman Asli

Rukmana Tea

Belajar Tanpa Batas

Peduli Tidak Hanya Wacana, Fogoromas Bantu Warga Sambas yang Sakit

Diperbarui: 8 April 2022   04:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bong Kang Tjie (62), warga Dusun Tanjung Putat, Desa Sepuk Tanjung, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas (Foto: dok.Fogoromas Jakarta)

Sambas - Peduli membantu sesama tak hanya wacana bagi Forum Gotong Royong Masyarakat Sambas (Fogoromas). Kepedulian ini kembali dibuktikan saat membantu Bong Kang Tjie (62), warga tidak mampu yang sedang sakit asal Dusun Tanjung Putat, Desa Sepuk Tanjung, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas.

Adalah Yakob Pujana, anggota DPRD Kabupaten Sambas yang bersinergi dengan Fogoromas Jakarta untuk mengulurkan tangan membantu Bong Kang Tjie, yang didiagnosa dokter menderita suspend tuberkulosis (TB) dan anemia.

"Saat mengetahui ada warga tidak mampu yang sedang sakit dan membutuhkan pertolongan, saya langsung berkoordinasi dengan Ketua Fogoromas Jakarta, Pak Budianto yang sedang berada di Kabupaten Sambas, kami pun sepakat untuk membantunya," ujar Yakob Pujana, dalam keterangannya, Jumat (1/4/2022).

Yakob menuturkan, selain memberikan paket sembako untuk keluarga Bong Kang Kjie, pihaknya juga membawanya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sambas.

"Pak Bong Kang Kjie tidak memiliki BPJS Kesehatan, sehingga kita masukan ke program Prosesar, Program Kesehatan Satono-Rofi. Sehingga dapat ditangani oleh dokter rumah sakit secara gratis," katanya.

Ia mengatakan, sudah menjadi kewajibannya sebagai wakil rakyat untuk terus berusaha membantu warga Kabupaten Sambas yang membutuhkan bantuan.

"Kita terus berusaha maksimal untuk membantu warga yang membutuhkan bantuan. Bersinergi dengan Fogoromas Jakarta, yang menurut saya luar biasa sekali kepeduliannya untuk urusan sosial kemanusiaan," ucap politisi PKB ini.

Anggota DPRD Kabupaten Sambas Yakob Pujana, Rachmat Chai dan Ketua Fogoromas Jakarta Budianto Sugianto menyerahkan paket sembako (Foto: dok.Fogoromas)

Hal senada disampaikan Ketua Fogoromas Jakarta Budianto Sugianto. Menurutnya, Fogoromas akan terus menjalankan visi misinya menjalankan kegiatan sosial, khususnya di Kabupaten Sambas.

"Sesuai namanya, kami akan terus bergotong royong untuk membantu masyarakat, baik di perantauan maupun di kampung halaman," ucap Budianto, yang baru saja meresmikan Surau Nurul Hidayah di Dusun Dare Nandung, Desa Sempalai Sebedang, Kecamatan Sebawi bersama Bupati Sambas H. Satono.(rkm)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline