Lihat ke Halaman Asli

05 Dhiazulfa Shofa Fakhira

Pengolah Data dan Informasi

Sikap dan Perilaku Bela Negara Seorang ASN

Diperbarui: 2 Agustus 2023   03:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang ASN untuk menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menanamkan serta mengimplementasikan wawasan kebangsaan dan nilai nilai bela negara. 

Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia dalam rangka mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilandasi oleh jati diri bangsa dan kesadaran terhadap sistem nasional yang bersumber dari Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika untuk memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi bangsa dan negara demi mencapai masyarakat yang aman, adil, makmur, dan sejahtera. 

Wawasan kebangsaan juga mencakup pengetahuan mengenai sejarah pergerakan kebangsaan dimulai dari Kebangkitan Nasional hingga Proklamasi Kemerdekaan. Sejak awal kemerdekaan terdapat empat konsensus dasar yang harus diketahui oleh seluruh warga negara yaitu PBNU (Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, serta UUD 1945).

  • Pancasila

Pancasila merupakan landasan, ideologi, serta pedoman bagi bangsa dan negara. Pancasila memiliki nilai-nilai serta norma positif yang sesuai dengan pandangan hidup bangsa Indonesia. Sebagai seorang warga negara khususnya seorang ASN sudah seharusnya dapat memaknai serta mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

  • Undang-Undang Dasar 1945

UUD 1945 telah lahir bersamaan dengan Indonesia merdeka dan dirancang oleh para founding fathers yang isinya mengenai tujuan dan cita-cita nasional bangsa Indonesia. UUD 1945 menduduki hierarki tertinggi kedua setelah Pancasila yang digunakan sebagai landasan dari peraturan-peraturan yang mengatur bangsa dan negara.

  • Bhinneka Tunggal Ika

Seperti yang telah diketahui, Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda beda tetapi tetap satu tujuan. Jika ditelaah lebih lanjut arti tersebut memiliki makna yang sangat inspiratif dan mencermikan bahwa rakyat Indonesia menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan serta kerukunan satu sama lain meskipun Indonesia terdiri atas beragam suku, budaya, ras, dan agama.

  • Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

NKRI yang merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 memiliki cita-cita nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea IV yaitu sebagai berikut:

  • Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia;
  • Memajukan kesejahteraan umum;
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa;
  • Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Selain konsesus dasar, dalam menjalankan pekerjaannya seorang ASN juga harus paham mengenai hierarki peraturan yang berlaku. Hierarki atau urutan peraturan yang berlaku di Indonesia yang pertama adalah Pancasila sebagai landasan idiil dan UUD 1945 sebagai landasan konstitusional. Lalu di bawah UUD 1945 ada Perppu, PP, Keputusan Presiden, dan Peraturan Daerah. Seorang ASN harus memahami hierarki peraturan tersebut sehingga peraturan yang digunakan sebagai dasar dalam menjalankan tugas dapat sinkron dan tidak tumpang tindih.

Setelah paham mengenai wawasan kebangsaan selanjutnya sebagai seorang ASN juga harus memiliki sikap Bela Negara. Bela Negara merupakan tekad, sikap, dan perilaku serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kelompok dalam menjaga kedaulatan negara dan keselamatan bangsa dan negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara Pasal 7 Ayat (3), nilai dasar Bela Negara meliputi:

  • Cinta tanah air;
  • Sadar berbangsa dan bernegara;
  • Setia pada Pancasila sebagai ideologi negara;
  • Rela berkorban untuk bangsa dan negara; dan
  • Kemampuan awal Bela Negara.

Kesadaran Bela Negara harus ditumbuhkan oleh seorang ASN apalagi mengingat bahwa ASN merupakan tulang punggung dari pengelolaan bangsa dan negara serta menjadi teladan untuk masyarakat. Sikap Bela Negara dapat diimplementasikan di kehidupan sehari-hari sesuai dengan bidang profesi dan jabatan masing-masing. 

Setiap nilai dasar Bela Negara memiliki indikator yang dapat ditunjukkan dengan sikap seperti bangga menggunakan produk-produk dalam negeri, ikut serta dalam pemilu, mengembangkan sikap toleransi antar pegawai, menjunjung tinggi kejujuran dan sopan santun dalam melayani publik, menjalankan tugas secara netral dan profesional, serta menjaga kesehatan diri sendiri. Sikap-sikap tersebut merupakan contoh aksi nyata implementasi Bela Negara yang dapat dilakukan oleh seorang ASN.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline