Lihat ke Halaman Asli

Penanganan Pemerintah Terhadap Gempa Bumi Cianjur

Diperbarui: 10 Maret 2023   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Teks esai

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari bawah permukaan secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi.

Salah satunya gempa bumi di Cianjur yang berkekuatan 5,6 magnitude gempa bumi ini dirasakan hingga Bandung, DKI Jakarta, Tangerang, Rangkas Bitung dan Lampung. gempa berkekuatan 5,6 ini tidak terlalu besar tidak terlalu kecil juga, tetapi banyak memakan korban dan banyak bangunan yang hancur hal ini terjadi karena struktur bangunan yang tidak memadai

Pemerintah mulai mengulurkan tangan memberi bantuan kepada  korban dengan memberikan sembako, tenda, obat-obatan. Bantuan pemerintah menjadi sorotan publik karena presiden Jokowi dodo memberikan bantuan dana untuk relokasi rumah yang runtuh 8.100 warga menerima bantuan tersebut.

Banyak sekali keluarga yang merasa terbantu oleh bantuan dari pemerintah tetapi banyak juga oknum-oknum yang malah menimbun bantuan dari pemerintah akhir-akhir ini tengah viral di sosial media seorang oknum korban bencana gempa memberhentikan mobil yang membawa bantuan pemerintah diteng jalan oknum tersebut memberhentikan mobil dan meminta bantuan tersebut dengan alibi mereka adalah korban yang belum diberikan bantuan dan akhir-akhir ini juga viral di media sosial ada oknum yang mengeluh karena hanya diberi bantuan mie instan saja, video yang viral tersebut menuai kontroversi di media sosial banyak orang yang beranggapan bahwa orang Cianjur tidak bersyukur sudah di berikan bantuan dari pemerintah.

Kita sebagai masyarakat harus bisa bangga terhadap pemerintah kita yang cepat menanggapi masalah bencana alam dan kita sebagai masyarakat harus memiliki wawasan dan edukasi terhadap bencana alam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline