Lihat ke Halaman Asli

Rendahnya Mutu Pendidikan di Indonesia

Diperbarui: 29 November 2021   12:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 

       RENDAHNYA MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA

                         Nur Hidayati

Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Email : nur.21052@mhs.unesa.ac.id

 

ABSTRAK

Pendidikan pastinya sering kita dengar bahkan sangat penting dalam kehidupan kita, namun siapa sangka ternyata pendidikan juga berpengaruh kepada bangsa dan masa depan negara. Adapun fungsi pendidikan menurut David Popenoe, ada empat macam yakni sebagai berikut : 

(1) Transmisi (pemindahan) kebudayaan, (2) Memilih dan mengajarkan peranan sosial, (3) Menjamin integrasi sosial, (4) Sekolah mengajarkan corak kepribadian, (5) Sumber inovasi sosial. Pendidikan di Indonesia masih saja selalu dihadapkan pada masalah-masalah yang kompleks yang membuat mutu pendidikan di Indonesia terbilang rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data dari buku, jurnal, internet, ataupun dari ahli pakar. Hasil dari penelitian ini, faktanya mutu pendidikan di Indonesia sangatlah terbilang rendah. 

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya mutu pendidikan di Indonesia : (1) Faktor ekonomi, (2) Faktor geografis atau letak sekolah, (3) Faktor lingkungan sosial, (4) Rendahnya Sarana dan Prasarana, (5) Rendahnya Kualitas Guru dan Prestasi Siswa, (6) Faktor Perubahan Kurikulum, (7) Ketidakmerataan Tenaga Pendidik. 

Dapat dilihat jika beberapa faktor diatas ialah membuat mutu pendidikan di Indonesia menjadi rendah dan hal itu juga membuat pendidikan yang didapat oleh peserta didik kini tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan di masyarakat. Hal ini yang sebenarnya sangat memprihatinkan. Sistem pendidikan yang berlaku saat ini memperlihatkan keterlambatan dalam mengikuti tuntutan zaman yang semakin berkembang.

Kata Kunci : Pendidikan, Mutu, Pendidikan Indonesia

PENDAHULUAN 

        Pendidikan menurut Wikipedia adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Etimologi kata pendidikan itu sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu ducare, berarti "menuntun, mengarahkan, atau memimpin" dan awalan e, berarti "keluar". Jadi, pendidikan berarti kegiatan "menuntun ke luar". Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan.

        Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang. Menurut Undang-undang sistem pendidikan nasional No. 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual-keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara

Adapun fungsi pendidikan menurut David Popenoe, ada empat macam yakni sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline