Lihat ke Halaman Asli

I MadeDeva

mahasiswa

Menghargai Privasi Orang Lain dalam Menggunakan Media Sosial

Diperbarui: 23 Juli 2022   17:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seiring berjalanya waktu perkembangan teknologi tidak dapat dipungkiri terjadi dalam kehidupan sehari-hari, perkembangan teknologi hampir terdapat pada segala sisi kehidupan pada saat ini dan dapat di katakan bahwa pada kehidupan ini kita terikat dengan yang namanya teknologi. Tetapi sebagai pengguna teknologi yakni pengguna media sosial seharusnya bisa menggunakan media sosial dengan baik dan bijak, adapun sudut pandang yang di pertanyaakan oleh masayrakat bagaimana cara menghargai privasi orang lain dalam menggunakan media sosial? Karena suatu priasi seseorang adalah hal yang tidak kita boleh ketahui dalam kehidupan dengan alasan tertentu.

Privasi adalah suatu kondisi dimana saat seseorang ingin untuk bebas dari pengamatan atau ganguan dari orang lain atau dengan kata lain privasi adalah keingginan diri seseorang untuk menyimpan rahasia yang tidak boleh di ketahui oleh orang banyak atau orang luas. Contoh dari sautu privasi seseorang dalam media sosial adalah menyembuyikan data diri atau hal-hal yang tidak inggin kita sebar luaskan, oleh karena itu sebagai pengguna media sosial harus bisa mnjangga privasi seseorang dalam suatu media sosial. Namun tidak dapat di pungkiri jika tekonologi berkembang pastinya orang-orang yang menggunakan juga semakin semakin banyak dan semakin pintar, di dalam media sosial ada yang namanya hecker dimana meraka bisa menyebarkan suatu privasi seseorang yang ada dalam media sosial.  

Ada beberapa hal yang bisa membuat hacker membobol akun media sosial yang kita miliki yaitu lemahnya sebuah system tersebut, oleh karena sebagai pengguna media sosial yang baik haruslah bisa saling menjaga privasi suatu individu. Seorang hecker bisa membobol dan menggunakan media sosial yang kita memiliki mereka menggunakan media sosialkita dengan hal-hal negative untuk mendapatkan ke pribadi, dengan hal buruk itu kita sebagai pemilik akun media sosial akan merasa sangat di rugikan oleh hacker, karena merka bisa saja membuat berita hoax di akun media sosial yang kita miliki. Selain hal itu meraka juga bisa mencuri data diri yang kita miliki untuk hal yang menguntungan bagi hacker, dengn begitu pastinya kita sebagai korban pastinya akan merasakan dmpak buruk dari perbuatanya.

Pada saat ini seseorang masih bisa menjaga suatu privasinya di dalam menggunakan edia sosial, namun seseorang haruslah berhati-hati dalam menggunakan medi sosial agar bisa saling menghargai privasi suatu individu. Teknologi berkembang dan  semakin canggih namun sebagai sesame individu haruslah saling menjaga suatu privasi seseorang, dengan menjaga privasi seseorang individu dapat di katakana bisa menjalain hubungan yang baiak sesesama individu, karena apabila suatu privasi tersebut di ketahui seseorang yang memliki privasi tersebut akan merasa malu dan seorang hacker juga akan mendapatkan dampak buruk, karena telah menyebarkan suatu hal yang di anggap oleh seorang tersebut sangat lah penting. Solusi agar privasi sesame individu tidak terbongkar yaitu dengan cara kita harus bisa saling menghargai, serta menanamkan nilai Tat Twam Asi yang dimana berarti "aku adalah kamu,kamu adalah aku". Dengan demikian pastinya sebagai pengguna media sosial yang baik akan bisa saling menghormati, serta dapat menjaga hubungan yang harmonis sesema mahluk sosial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline