Lihat ke Halaman Asli

Kinanti Kharisma Laily

Mahasiswa S1 Bimbingan dan Konseling

Analisis 3 Pendekatan Kepribadian Manusia Menurut Teori Humanistik

Diperbarui: 15 Desember 2023   15:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis pendekatan manusia melalui pendekatan humanistik. Sumber: pexels.

Apa yang dimaksud Teori Kepribadian?

Teori kepribadian adalah studi yang mempelajari mengenai kepribadian dan jenisnya dalam diri manusia. Dengan mempelajari studi ini dapat digunakan untuk menunjukkan perbedaan yang ada pada masing-masing individu karena adanya dorongan psikologis. Sedangkan, kepribadian sendiri dapat dikatakan sebagai cara seseorang untuk berpikir, berperilaku, dan merasakan sesuatu. Kepribadian akan mempengaruhi seseorang dalam berinteraksi terhadap lingkungan sekitar.

Dalam mempelajari teori kepribadian manusia, ada beberapa pendekatan yang telah dikemukakan oleh para ahli. Salah satu pendekatan kepribadian manusia dapat dilihat dari teori humanistik.

Teori humanistik adalah salah satu teori kepribadian manusia yang dikemukakan oleh Abraham Maslow, Carl Rogers, dan George Kelly. Teori ini berfokus pada pandangan terhadap individu dan potensi yang dimiliki, serta segala bentuk dorongan yang muncul untuk mencapai sesuatu secara maksimal.

Tokoh Pendekatan  Kepribadian Manusia Menurut Teori Humanistik

1. Abraham Maslow

Abraham Maslow mengenalkan teori kepribadian manusia dalam teori hirearki kebutuhan. Hirearki ini mengandung berbagai hal yang dibutuhkan oleh manusia, seperti kebutuhan dasar (fisiologis dan keamanan), kebutuhan psikologi (cinta dan penghargaan), dan kebutuhan pemenuhan diri (aktualisasi diri).

Sedangkan, struktur kepribadian menurut Abraham Maslow diidentifikasikan dengan manusia sehat yang mampu mengaktualisasikan diri dengan baik dan memperhatikan kebutuhan yang lebih tinggi yaitu ketika mereka berhasil memenuhi potensi serta mengetahui dan memahami lingkungan sekitar mereka.

2. Carl Rogers

Carl rogers memandang maanusia sebagai seseorang yang memiliki kecenderungan untuk mengembangkan diri, mengaktualisasikan diri, dan mempertahankan diri. Carl Rogers mengemukakan bahwa manusia adalah bentuk dari konsep diri, pengalaman, serta  interpretasinya terhadap lingkungan sekitar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline