Lihat ke Halaman Asli

Ade Irma Puspita Sari

Mahasiswa Universitas Airlangga

Senam Kaki, Upaya Wujudkan Indonesia Bebas Diabetes

Diperbarui: 15 September 2023   22:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Senam Kaki, Wujudkan Indonesia Bebas Diabetes Melitus

Oleh : Ade Irma Puspita Sari, S-1 Keperawatan, Universitas Airlangga, Surabaya. 

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang memiliki presentase tinggi dalam peningkatannya. Berdasarkan Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur (2021), Kota Surabaya menempati peringkat pertama dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia dengan penderita diabetes melitus sebanyak 96.280 orang. Zheng et al. (2018) dalam penelitiannya menyatakan bahwa tipe-tipe diabetes melitus beserta komplikasinya mengambil peran besar besar atas kematian dan cacat di seluruh dunia. Peningkatan  kejadian  diabetes  mellitus  ini  dikarenakan self  care yang  tidak  baik yang bisa  diakibatkan  karena  beberapa  kondisi,  yaitu  pengetahuan  yang  buruk  tentang diabetes  mellitus (Weledegebriel  et  al.,  2021), kurangnya akses pelayanan kesehatan (Dedefo  et  al.,  2019).

Beberapa penelitian ini memberikan saran untuk tenaga  kesehatan  memberikan  edukasi  tentang self  care sehingga  berdampak  pada efikasi diri yang dapat memperbaiki manajemen self care pasien diabetes mellitus. Pola hidup sehat diyakini sebagai cara terbaik untuk mengelola dan menghindari terkenanya penyakit diabetes untuk segala usia. Pola hidup sehat berperan penting agar penderita diabetes melitus memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan rutin melakukan "Sebam Kaki." Senam kaki dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah, memperkuat otot-otot kecil kaki dan mencegah terjadinya kelainan bentuk kaki ( deformitas ). 

Lalu, bagaimana cara melakukan senam kaki ?

Perhatikan tips berikut !

1. Latihan senam kaki dapat dilakukan dengan posisi berdiri, duduk, dan juga tidur

2. Senam kaki dapat dilakukan dengan cara menggerakkan kaki dan sendi kaki, misalnya berdiri dengan tumit diangkat, mengangkat kaki dan menurunkan kaki.

3. Gerakan kaki dapat berupa gerakan menekuk, meluruskan, mengangkat ,  memutar keluar atau kedalam,  mencengkram dan meluruskan jari- jari kaki.

4. Latihan senam kaki diabetes dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

            Jika kaki Anda merasakan dingin, lakukanlah senam diabetes. Yuk, mulai hidup sehat dan cegahlah diabetes!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline