Lihat ke Halaman Asli

Filipina Terlalu Waras untuk Menang versus Tuan Rumah

Diperbarui: 17 Juni 2015   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Wow! Superb! Luarbiasa! Fenomenal! Itu yang patut kita ucapkan kepada Filipina. Indonesia yang biasa memencundangi mereka, kemaren mereka pecundangi dengan skor fantastis 4-0. Hasil tersebut membuat Filipina melaju ke semifinal. Dengan hasil tersebut Filipina favorit juara AFF 2014.
*
Ada apa dengan Indonesia? Dengan Filipina takluk. Padahal yang kemaren-kemaren, negeri yang pernah dipimpin Cory Aquino itu selalu jadi langganan gol pemain depan Indonesia. Ada tiga kemungkinan. Pertama, persepakbolaan Filipina melesat maju. Kedua, persepakbolaan Indonesia melempem sehingga disalip Filipina. Ketiga, perkembang sepakbola Indonesia bertambah maju sedikit, namun Filipina mampu melampaui Indonesia kemajuannya.
*
Filipina terlalu waras untuk ngotot menang versus Vietnam. Mereka telah berhitung dengan kekuatan mereka. Kalau Indonesia mampu mereka taklukan, maka tidak mustahil, tiga lawan tangguh Asia Tenggara, yakni Thailand, Malaysia atau Singapura bisa pula mereka taklukan.
*
Kemungkinan besar mereka akan memainkan para pemain lapis kedua, yang pemainnya lebih turun sedikit kwalitasnya dari lapis pertama. Hasil pertandingan tidak berpengaruh bagi Filipina. Mereka tidak akan memilih lawan di semifinal. Kalah, seri atau menang melawan Vietnam tak masalah bagi mereka. Posisi runner atau juara grup tidak memusingkan mereka. Mereka siap bertempur melawan siapapun di semifinal.
*
Jadi, ada kemungkinan hari ini dengan pemain lapis keduanya, hasil Filipina vs Vietnam adalah seri atau dimenangkan tuan rumah. Dan jika itu terjadi, Indonesia akan gigit jari. Sakitnya tuh di sini!
*




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline