Lihat ke Halaman Asli

Gilang Nanda Dwiputra

Everything will be OK//

Pelaksanaan Pembelajaran Al-Quran di Dusun Torongrejo

Diperbarui: 5 Februari 2022   15:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source : Dokumentasi Pribadi

Gilang Nanda Dwiputra

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Email : gilangnanda77@gmail.com

ABSTRAK

Taman Pendidikan al-Qur'an (TPQ) di Dusun Torongrejo adalah salah satu lembaga pendidikan non formal yang ada di Dusun Torongrejo. 

Berdasarkan hasil observasi, bentuk pelaksanaan pembelajaran di TPQ Dusun Torongrejo yaitu tidak hanya menekankan muridnya pada pengajaran tahsin, tartil dan tilawah al-Qur'an, namun juga mengajarkan muridnya berbagai ilmu. Seperti tata cara shalat, bacaan ketika shalat, doa-doa dan dzikir-dzikir yang dibaca setelah shalat. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode kualitatif. 

Dimana penulis berperan sebagai pengumpul data sehingga keberadaannya di lokasi penelitian mutlak diperlukan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran alQur'an di TPQ D usun Torongrejo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. 

Pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an di Dusun Torongrejo dilakukan berdasarkan Tahsin, Tartil dan Tilawah. Kemudian, untuk kemampuan membaca al-Qur'an para murid berdasarkan Tahsin, Tartil dan Tilawah pada TPQ Dusun Torongrejo dapat dikatagorikan dalam kategori baik.

 Kata Kunci : TPQ, Al-Quran, Pembelajaran

 PENDAHULUAN

Al-Qur'an merupakan wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril yang digunakan sebagai pedoman hidup bagi umat muslim dan barang siapa yang membacanya akan mendapatkan pahala ibadah. Islam menuntut umatnya untuk selalu dan senantiasa membaca dan mempelajari al-Qur'an, mentadaburi dan kemudian menerapkan kandungan al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.Hal ini sebagai mana merupakan fungsi al-Qur'an sebagai petunjuk dan pedoman hidup manusia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline