Lihat ke Halaman Asli

Gilang Nanda Dwiputra

Everything will be OK//

Leadership: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Menumbuhkannya

Diperbarui: 20 November 2021   10:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source : Pixabay

Leadership

Keterampilan Leadership sangat dibutuhkan dalam perusahaan. Akan tetapi skill ini tidak dapat dimiliki oleh semua orang. Leadership adalah fungsi manajemen yang bertujuan untuk mengarahkan, mempengaruhi, dan memotivasi orang lain untuk melaksanakan tanggung jawabnya sesuai dengan yang direncanakan demi tercapainya sasaran dan tujuan organisasi.

Istilah Leadership berasal dari Bahasa Inggris yang berarti Kepemimpinan dan kata dasar dari kepemimpinan adalah pemimpin. Kepemimpinan dan pemimpin adalah dua kata yang berbeda. Meski berbeda, dua kata tersebut memiliki definisi dan makna yang berkaitan satu sama lain.

Leadership merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu tim dalam hal mencapai tujuan. Setiap tindakan dan keputusan yang diambil pun memerlukan pertimbangan dari pemimpin.

Oleh karena itu, dengan adanya kekuatan leadership yang baik, kemudian ditunjang dengan kerja sama tim maka berbagai masalah akan dapat diatasi. Selain itu juga, seluruh pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan hasil yang maksimal.

Fungsi kepemimpinan

Source : Pixabay

Kepemimpinan adalah salah satu unsur penting, dan memberikan pengaruh bagi keberadaan dan kemajuan organisasi. Pada dasarnya terdapat dua aspek dalam fungsi kepemimpinan, yakni :

  • Fungsi administrasi, yaitu mengadakan perumusan berkaitan dengan kebijakan administrasi serta turut menyediakan fasilitasnya.
  • Fungsi sebagai top manajemen, yaitu mengadakan Planning, Organizing, Actuating, Controlling, dsb.

Agar kepemimpinan dapat terwujud secara efektif, maka kepemimpinan harus dijalankan sesuai dengan fungsinya.

Mengarahkan dan mempengaruhi suatu individu atau kelompok adalah fungsi dari pemimpin dan bertujuan untuk memberikan arah bagi organisasi agar bergerak sesuai dengan pencapaian tujuan. Maka, inti dari kepemimpinan itu tidak terletak pada tingkat kedudukannya di dalam organisasi, akan tetapi lebih terletak pada bagaimana pemimpin tersebut menjalankan fungsi kepemimpinannya dengan baik.

Fungsi kepemimpinan yang esensial, yakni :

  • Menjadi komunikator yang efektif
  • Menjadi penentu arah bagi pencapaian tujuan organisasi
  • Sebagai integrator yang netral, objektif, dan rasional
  • Menjadi juru bicara dan wakil organisasi

Selain itu, fungsi-fungsi kepemimpinan adalah sebagai berkut :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline