Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan KKN Mahasiswa Untag Surabaya Membantu Mendesain Perenovasian Masjid Al-Ikhlas

Diperbarui: 9 Januari 2022   10:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Kabupaten Kediri, 7 Desember 2021. Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang bernama Reno Wisasanga dari Fakultas Teknik Program Studi Arsitektur melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di RT 01 RW 01 Perumahan Pesona Griya Asri, Desa Ringinsari, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri. Dan juga Giovanni Dimas Prenata, S.T., M.T selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang melakukan pendampingan sehingga kegiatan berjalan dengan lancar.

Kegiatan KKN yang di adakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengapdian Masyarakat (LPPM) Untag Surabaya kali ini dilakukan secara individu dikarenakan pandemi. Dan juga bertujuan untuk mengurangi resiko penyebaran covid-19.

Dengan topik KKN Membangun Desa Mahasiswa bernama Reno Wisasanga ini memiliki inisiatif untuk membantu warga Perumahan Pesona Griya Asri, Desa Ringinsari dalam hal membuat gambar desain untuk rencana perenovasian Masjid Alikhlas. Dengan adanya bantuan ini dapat meminimalkan pengeluaran pembangunan masjid.

Reno Wisasanga berdiskusi dengan pengurus masjid dan Pak Panji, elaku Ketua Rt dalam hal permasalahan serta apa saja yang harus di tambah di bangunan Masjid Al-Ikhlas. Dari diskusi tersebut dapat di simpulkan yaitu penambahan ruang gudang penyimpanan, pemisahan antara area wudhu laki-laki dan perempuan, penambahan media panas yaitu plafond, serta penambahan pelindung di area depan masjid untuk melindungi kaca dari kegiatan olahraga yang sering di lakukan warga di lapangan bola volly depan masjid.

Dokumentasi Pribadi

Warga sekitar masjid sangat mendukung berterimakasih dalam kegiatan KKN yang di lakukan saudara Reno yang dapat bermanfaat bagi pembangunan desa menjadi lebih baik.

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi

“Desain yang digambar sangat sesuai dengan harapan saya dan juga masyarakat sekitar, ini juga membantu menghemat pengeluaran ongkos untuk merenovasi masjid. Saya juga berterimakasih karena sudah membantu kita, juga menjadi bukti Untag Surabaya pernah membantu kegiatan di sini” Kata Pak Panji, Ketua Rt Perumahan Pesona Griya Asri Desa Ringinsari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline