Lihat ke Halaman Asli

Bakso Kuno Magelangan

Diperbarui: 2 Januari 2023   09:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu kuliner yang wajib dicoba apabila berkunjung ke Magelang adalah bakso Pak Min. Siapa sih yang tidak suka dengan kuliner yang satu ini. Bakso Pak Min letaknya sangat strategis yaitu di Jalan Pahlawan No.74 Potrobangsan Magelang Utara, depan taman bermain badaan. Taman bermain badaan sering kali ramai pengunjung karena ditempat ini para orang tua bisa membawa anaknya untuk bermain dan rekreasi. Rasanya kurang afdol apabila bermain ke taman badaan tetapi tidak mencoba bakso yang satu ini.

Kuliner ini tentunya di gemari oleh semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua. Bakso Pak Min menyediakan beberapa varian bakso seperti bakso sedang, kerikil dan urat. Kuliner ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Magelang dan sekitarnya. Pemilik dari warung bakso, Pak Min mengatakan, bakso ini sudah berdiri dan hadir sejak tahun 1983. Wow sudah sangat lama sekali bukan?. “ Dulu memulai usaha bakso ini karena hobi makan bakso dan hanya tau resep bakso saja, dulunya tidak di sini tetapi di taman badaan dan hanya saya saja yang memiliki usaha bakso.” ujar Pak Min, Sabtu (31/12/2022 ). Jadi, Pak Min merupakan pendiri usaha bakso pertama di kuliner badaan dan dapat dikatakan bakso Pak Min sudah kuno dan sangat legendaris. 

whatsapp-image-2023-01-01-at-20-39-25-63b236f34addee14ac0514e3.jpeg

Warung bakso ini masih dikelola sendiri oleh Pak Min sampai saat ini dibantu oleh istri dan anaknya. Tiap hari buka pukul 09.00 sampai 21.00. Tidak ada waktu libur, hari libur menyesuaikan saja apabila ada acara yang mengharuskan untuk libur dan menutup warung. Tidak hanya menjual bakso saja, disini juga tersedia menu lain seperti mie ayam dan soto. Namun, menu favoritnya tetaplah bakso yang sudah legendaris ini. Dari dulu sampai sekarang, rasanya masih sama dan tidak berubah, kuahnya yang gurih dan baksonya yang kenyal dan lembut sangat terlihat menggoda apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini. Sekali gigit, daging ayamnya langsung terasa, apalagi ditambah dengan gajih sapi yang membuat bakso terasa lebih nikmat. Satu kurang, dua kebanyakan. Itu merupakan ungkapan yang cocok untuk bakso Pak Min Badaan. Harga satu porsi bakso ini tergolong murah hanya dengan Rp.12,000 sudah bisa menikmati bakso komplit, bisa juga menambah ketupat sesuai selera saja. Tempatnya juga nyaman,walaupun bangunan dari dulu tetapi warung bakso Pak Min tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan pembeli.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline