Lihat ke Halaman Asli

Calvin Mardiansyah

Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Malang Program studi Ilmu Komunikas

Ketertarikan Individu untuk Mempromosikan Produk Jualan ke Media Sosial

Diperbarui: 21 Mei 2022   07:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan teknologi informasi yang pesat di zaman modern ini harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin guna menambah ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan. Indonesia merupakan negara yang memiliki suku budaya, agama, dan ras beraneka ragam. 

Dizaman yang sudah maju seperti saat ini banyak kalangan di Indonesia memiliki akun media sosialnya masing-masing, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. 

Jenis media sosial yang dikenal oleh masyarakat sangat beragam, diantara semua jenis media sosial yang paling banyak diminati oleh orang Indonesia adalah Youtube, Instagram, TikTok, Facebook, dan Twitter. 

Sebagian dari masyarakat menjadikan hal tersebut sebagai trend. Munculnya media sosial di kehidupan masyarakat telah merubah hubungan interaksi sosial antara masyarakat dengan lingkungan sekitarnya. Kehidupan masyarakat mengalami kemajuan yang begitu cepat sehingga dapat menciptakan konektivitas sosial dan update informasi.

Media sosial adalah sebuah alat yang digunakan untuk komunikasi jarak jauh. Diciptakan sebagai alat komunikasi yang bisa menghubungkan penggunanya dengan masyarakat luas. 

Agar bisa mengakses media sosial dibutuhkan yang namanya koneksi internet. Media sosial merupakan sebuah sarana untuk berbagi, berpartisipasi, membuat blog, dan hal yang lainnya untuk mempermudah seseorang supaya bisa berinteraksi dengan orang banyak. 

Dari keterangan tersebut, itu adalah hasil dari positifnya menggunakan media sosial, sedangkan hasil negatifnya adalah bisa membuat hubungan seseorang menjadi jauh yang awalnya sangat dekat, kurangnya komunikasi secara langsung, kecanduan internet, menyebabkan konflik, serta rentan tersebarnya privasi diri seseorang. 

Media sosial berhasil mendorong pertukaran pesan oleh penggunanya di seluruh dunia yang misinya untuk menyatukan masyarakat dengan latar belakang dan mendorong terjadinya interaksi. Perkembangan dari sosial media tentu bisa dirasakan oleh banyak orang yang menggunakan internet di setiap negara.

Saat ini sosial media tidak hanya digunakan sebagai sarana penghibur saja, salah satu contohnya adalah Instagram. Instagram adalah salah satu media platform yang memiliki peluang besar dalam kegiatan bisnis. Para pelaku bisnis memerlukan yang namanya media untuk pemasaran supaya lebih efektif dengan tujuan memperluas produk pasaranya. 

Media sosial sebagai alat pemasaran tentu saja sangat berkaitan dengan komunikasi pemasaran salah satu contohnya adalah promosi. Alasan seseorang yang paling utama melakukan promosi adalah supaya produk yang dipasarkan bisa diketahui dan dikenal oleh banyak orang. 

Biasanya dilakukan oleh suatu toko atau perusahaan dengan tujuan untuk memberitahukan keberadaan produk tersebut serta memberikan keyakinan tentang manfaat produk tersebut kepada konsumen. Promosi bisa dilakukan dengan cara menyajikan gambar, video atau tulisan yang menggambarkan sebuah produk yang ingin dipromosikan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline