Lihat ke Halaman Asli

001_ Naomi Youwe

Memenuhi tugas

Ruang Lingkup Budidaya Perikanan

Diperbarui: 8 April 2022   12:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Akuakultur dalam pengertian bahasa inggris adalah aquaculture yaitu aqua adalah air sedangkan culture adalah budidaya maka itu pengeertiannya adalah budidaya perairan atau perikanan.

Akuakultur ini biasnya di gunakan menjadi sarana dalam budidaya ikan dengan memproduksi biota atau organisme aquatik di lingkungan yang terkontrol jika lingkungannya terkontrol dengan baik maka tidak menutup kemungkinan keuntungan atau profit yang di dapati besar.

Dalam melakukan akuakultur perlu adanya campur tangan manusia dan memerlukan upaya- upaya yang besar untuk meningkatkan produktivitas perairan melalui kegiatan budidaya atau pemeliharaan , contohnya dengan melakukan reproduksi, growth serta meningkatkan mutu biota akuatik jika hal ini dilakukan dengan baik keuntungan yang di dapatkan pasti besar juga.

Akuatik memiliki satu organisme saja yaitu ikan, oleh sebab itu pengertian ikan di artikan sangat luas sebagai organisme akuatik yang meliputi ikan, udang, kepiting, echinodermata, dan alga. Dalam pengertian ikan yang mencakup luas ini telah di atur di dalam UU No. 31/2004

Ruang Lingkup

Ruang lingkup akuakultur atau budidaya perikanan sangat luas apabila di tinjau dari berbagai sudut padang. Berikut adalah macam-macam yang terdapat di ruang lingkup:

1. Berdasarkan spasial

Runagn lingkunp dalam budidaya ini dapat dilakukan di darat dan di laut. Kalau di darat seperti wilayah pegunungan, perbukitan,dataran rendah, dan daratan rendah. Kalau di laut seperti pantai, muara sungai, teluk, selat, dan perairan dangkal, selama masih tersedia air.

2. Berdasarkan sumber Air

Air yang digunakan dapat di bedah kan berdasarkan salinitas atau kandungan garam seperti perairan tawar, perairan payau, dan perairan laut. Perairan tawar terdapat di daratan seperti sungai, mata air, danau, dan lain-lainya. Sedangkan di kawasan pesisir seperti pantai, dan kawasan yang masih terpengaruh oleh pasang surut air laut.

3. Berdasarkan kegiatan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline