Lihat ke Halaman Asli

Fazal Muna

Mahasiswa

Proyek Kepemimpinan Pelatihan Teknologi dan Komunikasi di SD 1 Purworejo

Diperbarui: 8 Maret 2023   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

     

p-img-20230216-wa0014-6407f6034addee1f295b1182.jpg

       

          Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat sangat berdampak pada dunia pendidikan di indonesia. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaannya bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Tak hanya Pembelajaran saja yang berbasis teknologi, ujian untuk peserta didik pun saat ini juga berbasis teknologi seperti pada pelaksanaan ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer. ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Hal tersebut menuntut Peserta didik harus dibekali kompetensi yang memadai agar peserta didik dapat berkembang di era digital yang sangat kompetitif.

       Oleh karena itu kami dari kelompok 7 yang terdiri dari 4 anggota mahasiswa ppg prajabatan kelas C mengadakan Pelatihan Teknologi Informasi Dan Komunikasi atau biasa kami di sebut pelatihan TIK untuk membekali kemampuan siswa dalam mempersiapkan ANBK. Dari pelatihan kami ini dapat melatih peserta didik agar terbiasa menggunakan perangkat komputer dan bisa mengerjakan soal dengan lancar secara online terutama untuk ujian ANBK yang wajib diikuti oleh para siswa kelas 5. Kegiatan ini kami awali dengan perizinan oleh salah satu anggota kelompok 7 dengan kepala sekolah SD 1 Purworejo, serta berkoordinasi terkait pelaksanaan proyek.

         Pelatihan pertama kami laksanakan pada hari rabu 15 Februari  2023 diisi dengan mengenalkan perangkat komputer dan isi pengenalan aplikasi pengolah kata atau biasa disebut Microsoft word agar peserta didik terbiasa untuk memakai peranti komputer . Pelatihan yang ke 2 kami laksanakan pada hari kamis 16 Februari 2023. Para siswa belajar cara mengetik di Microsoft word dan mengakses referensi pembelajaran menggunakan internet. Selain itu siswa juga belajar cara mengerjakan soal – soal latihan dengan menggunakan aplikasi Quizy untuk melatih kebiasaan mereka dalam menggunakan komputer.

        Tindak lanjut kelompok 7 melakukan koordinasi dengan guru serta kepala sekolah SD 1 Purworejo untuk tetap melanjutkan pelatihan TIK ini dengan menambahkan ekstrakurikuler TIK .Adapun pelaksanaannya satu minggu sekali di hari rabu setelah selesai jam pelajaran untuk kelas 4 dan 5.

Sekian Terima kasih

Semoga pelatihan ini dapat bermanfaat bagi SD 1 Purworejo dan dapat menginspirasi bapak ibu sebagai calon guru profesional




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline