Lihat ke Halaman Asli

Rangga Aldiansyah

Mahasiswa Ilmu Hukum

Pertentangan dan Perdebatan Asal Usul Terbentuknya Negara

Diperbarui: 27 Desember 2023   21:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Negara adalah suatu organisasi dalam suatu wilayah yang memiliki kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyatnya. Secara etimologis, kata "negara" berasal dari bahasa Sanskerta "nagara," yang berarti "kota". Dalam konteks modern, negara merujuk pada entitas politik yang terdiri dari wilayah geografis, masyarakat, dan pemerintahan yang independen. 

Konstitusi memainkan peran penting dalam struktur negara, dan negara biasanya terdiri dari suatu kelompok manusia yang diatur oleh suatu pemerintahan dan hukum yang berlaku di wilayah tertentu. Dengan demikian, negara merupakan entitas politik yang kompleks, yang meliputi aspek wilayah, kekuasaan, dan kewarganegaraan. Terbentuknya negara dapat dipengaruhi oleh berbagai teori, termasuk teori perjanjian masyarakat, teori hukum alam, teori ketuhanan, teori kontrak sosial, dan teori kekuatan. Terdapat pertentangan dalam setiap teori asal muasal terbentuknya negara. Berikut adalah penjelasan nya:

1. Teori kontrak sosial, juga dikenal sebagai teori perjanjian masyarakat, menyatakan bahwa negara terbentuk karena adanya perjanjian antar masyarakat. Dalam pandangan ini, terbentuknya negara merupakan hasil dari kesepakatan antarindividu untuk membentuk pemerintahan yang akan melindungi hak-hak dan kepentingan mereka. Beberapa filsuf seperti Thomas Hobbes, John Locke, dan Jean-Jacques Rousseau merupakan tokoh pemikir utama dalam teori ini.

2. Teori hukum alam menjelaskan bahwa negara lahir karena adanya kekuasaan alam yang berlaku di setiap waktu dan tempat, serta bersifat universal. Dalam teori ini, negara dianggap sebagai manifestasi dari hukum alam, yang mendasari keberadaan negara di berbagai masyarakat. Beberapa filsuf menjadi tokoh pemikir teori ini, dan pandangan mereka memengaruhi pemahaman tentang asal muasal terbentuknya negara

3. Teori kekuatan, atau dikenal sebagai teori kekuasaan, menjelaskan bahwa negara terbentuk karena adanya kekuatan yang dominan di masyarakat. Dalam pandangan ini, negara dianggap sebagai hasil dari dominasi kekuatan, di mana kelompok atau individu yang paling kuatlah yang mendirikan negara. Teori ini menekankan peran kekuatan dalam pembentukan negara, baik melalui penaklukan, penjajahan, maupun perjuangan kemerdekaan dari penguasa kolonial

4. Teori ketuhanan menyatakan bahwa suatu negara terbentuk karena campur tangan dan kepercayaan Tuhan. Doktrin teokritis ini umumnya ditemukan di negara Barat dan Timur. Beberapa tokoh yang menganut teori ini antara lain Thomas Aquinas, Agustinus, L. V. Haller, dan Friedrich J. Stahl. Dalam teori ini, terdapat keyakinan bahwa orang yang dapat memerintah negara dianugerahi petunjuk oleh Tuhan.

Selain itu, terdapat juga teori migrasi, teori Nusantara, teori Sunda-Sulawesi, dan teori Melayu-Polinesia yang menjadi bagian dari asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Dan terdapat tiga pendekatan yang juga bertentangan untuk mengetahui asal mula terbentuknya sebuah negara, yaitu pendekatan faktual, pendekatan teoritis, dan pendekatan historis. Asal muasal negara juga dapat dikaitkan dengan fakta sejarah, seperti proklamasi, peleburan, pemisahan, dan penyerahan. Namun, benar atau tidaknya penentuan dari asal-mula negara masih menjadi perdebatan, dan ditentukan oleh berbagai faktor, termasuk teori, keyakinan, dan interpretasi sejarah. 

Meskipun terdapat beragam teori dan pendekatan, namun tidak ada kesepakatan tunggal mengenai asal muasal terbentuknya negara. Menurut Pandangan saya, Setiap teori dan pendekatan memiliki argumen dan bukti yang mendukung, namun juga menimbulkan perdebatan dan pertentangan dikarenakan perspektif orang yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kepastian mengenai asal muasal terbentuknya negara harus masih menjadi objek kajian dan perdebatan di berbagai bidang ilmu.agar terbukti ke valid an nya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline