Lihat ke Halaman Asli

Hilman Fadil

Mahasiswa

Kisah Pilu Dibalik Segarnya Buah Semangka

Diperbarui: 8 November 2023   04:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Disarming Design

Belakangan ini emoji Semangka ramai di sosial media hampir seluruh pengguna sosmed yang mendukung palestina berbondong bondong untuk menyuarakan dukungan mereka melalu Emoji ini Namun, Apa arti dan makna di balik emoji semangka itu sendiri?

Konflik antara Israel dan Palestina telah menyita perhatian publik dalam sebulan terakhir. Di mana Israel menyatakan perang, setelah tentara Palesina, Hamas, sebelumnya melakukan serangan pada 7 Oktober.

Buah semangka sangat viral sebagai bukti dukungan Masyarakat kepada palestina namun, Penggunaan semangka sebagai bentuk dukungan pada Palestina bukanlah hal yang baru Melansir dari berbagai sumber,

Semangka dipilih sebagai simbol dukungan yang mempunyai sejarah dan makna tersendiri. Adapun buah semangka tersebut kini dijuluki sebagai 'The Fruit of Palestine'.

Emoji dan gambar buah semangka yang digunakan sebagai dukungan kepada Palestina adalah buah semangka yang telah dipotong. Sehingga terlihat warna merah, hitam, putih, dan hijau yang mirip dengan bendera Palestina.
Akan tetapi apasih yang terjadi hingga 

akhirnya potongan semangka ini menjadi symbol dukungan publik terhadap Palestine?

Dalam laporan Bon Appetit, disebutkan semangka telah menjadi ikon protes menggantikan lambang bendera Palestina sejak terjadi perang di 1967. 

Sebuah perang yang berlangsung antara Israel dan negara-negara tetangga, termasuk Mesir, Suriah, dan Yordania itu menghasilkan keputusan pelarangan pengibaran bendera Palestina di sepanjang perbatasan negara tersebut untuk membatasi nasionalisme Palestina dan Arab.

Larangan tersebut berlangsung cukup lama hingga 1993 yang akhirnya ketentuan itu melonggar akibat adanya Perjanjian Oslo. Sebagai buah yang tumbuh di seluruh Palestina dari Jenin hingga Gaza dan memiliki warna senada dengan bendera Palestina, akhirnya banyak warga setempat yang menjadikan semangka sebagai ikon protes atas perlakuan Israel yang menindas hak warga Palestina.

Belakangan ini penggunaan emoji semangka juga bentuk Upaya dari publik untuk Menghindari Shadow Ban Sehingga publik masih bisa memberikan dukungan mereka melalui sosial media




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline