Lihat ke Halaman Asli

Afifah azridha putri

Sastra jepang Universitas Andalas

Mengupas Simbol dari Game di Film Alice in Borderland

Diperbarui: 23 Desember 2023   20:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dubdb.fandom.com

Alice in Borderland adalah serial drama fiksi ilmiah distopia asal Jepang tahun 2020 berdasarkan manga karya Haro Aso.

Film Alice in Borderland menceritakan tentang sebuah insiden misterius yang tepatnya terjadi di Tokyo membuat sebagian besar warga Tokyo menghilang. Sementara itu, warga lainnya yang tersisa dipaksa untuk bermain sejumlah permainan gila yang membahayakan nyawa demi mempertahankan hidupnya.Dunia dalam game ini Tokyo kini berubah menjadi situasi mencekam, kelam, tanpa listrik, tanpa sinyal. Tokyo yang dulu dikenal sebagai salah satu kota maju di dunia, kini dikenal dengan sebutan Borderland.

Film ini mempunyai dua serial,serial pertama Alice in Borderland menceritakan tentang Arisu atau pemeran utama yang merupakan seorang maniak game yang mana dia harus bertarung dalam dunia ini.Dia melakukan berbagai gim mematikan yang menghilangkan nyawa teman-temanya. Episode terakhir musim pertama, Arisu dan Usagi berhasil selamat dan mereka menemukan tempat misterius untuk babak game selanjutnya.serial kedua terdapat zona permainan lebih menegangkan dan berbahaya

Setiap harinya, ketika matahari terbenam, gedung-gedung seperti apartemen, hotel, taman bermain dan sebagainya, akan berubah menjadi lokasi permainan yang akan mengancam nyawa para pemain. Seluruh permainan akan berkaitan dengan simbol.

Dalam Alice in Borderland, kartu atau simbol bertindak sebagai representasi nasib dan pilihan yang diambil individu. Setiap simbol dikaitkan dengan tantangan tertentu, dengan tingkat bahaya yang berbeda-beda. Karakter harus mengambil simbol untuk menentukan permainan yang akan mereka ikuti, yang pada akhirnya menentukan nasib mereka di dunia ini.


Mari kita kupas apa saja kartunya!

Clubs atau kartu keriting(♣️)  (Kerja sama tim)

fictionhorizon.com

Permainan simbol keriting mengutamakan kerja sama tim. Jadi game ini membutuhkan kerja sama tim yang erat.seperti pada season 1,pada tokoh utama yaitu arisu,terdapat game memilih ruangan malaikat atau iblis yaitu ada dua pintu yang mana hanya ada satu pintu yang bisa dilewati,jika salah memilih pintu maka mereka akan mati.disini arisu mulai menebak polanya tapi masih ada keraguan,disini teman arisu membantu arisu menebak polanya yang mana di sesi pertama,mereka salah menebak pintu dan satu orang meninggal,di sesi satu tadi teman arisu sempat merekam semua pintu dan semua kejadian,ternyata ada pola disitu,maka arisu dan temannya bekerja sama untuk menebak pintu yang benar melalui rekaman itu,dan akhirnya mencapai kesimpulan kalau mereka sudah bisa menebak pola dan pintu yang benar hingga sampai di sesi terakhir mereka menang.

Jadi dalam game  arisu diuji sehingga dia yang awalnya kurang bisa bekerja sama dengan orang lain tapi karena game ini berlangsung arisu menjadi orang yang sudah bisa membuka diri dan mampu bekerja sama dengan baik.

Spades atau Kartu Sekop (♠️) (Kekuatan fisik)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline