Mohon tunggu...
ammara syifa
ammara syifa Mohon Tunggu... Penulis - Ammara Syifa Yuniar, seseorang yang menyukai kegiatan membaca dan selalu ingin belajar menulis.

Ra, Tulisan yang baik adalah ketika kamu menulisnya, kamu tidak akan berani menghapusnya karena itu adalah kebaikan yang membawamu ke Jannah-Nya. Insyaa Allah.... Temui aku di IG @ammarass dan @yuniaraaaaaaaaa🖐

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jurnal Refleksi Perkuliahan Etika Profesi Pendidik

1 Juli 2024   17:21 Diperbarui: 1 Juli 2024   17:25 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jurnal Refleksi Perkuliahan Etika Profesi Pendidik

Ammara Syifa Yuniar

4401422011 / PENDIDIKAN BIOLOGI A 2022

KNOW (Apa yang saya tahu ?)

Di pertemuan sebelum minggu ini, saya diminta Bu Sukaesih untuk mencari makna Kualifikasi, Kompetensi, Hak, dan Kewajiban Guru sebagai materi presentasi. Meskipun saya tidak bertanggungjawab atas materi tersebut, Bu Sukaesih tetap meminta agar penugasan rangkuman itu tetap dikerjakan dan dapat dikomunikasikan ketika sebelum atau sesudah presentasi.

Pada proses Know ini, saya dilatih untuk dapat mencatat informasi mengenai materi yang akan dipresentasikan melalui sumber belajar dari Bu Sukaesih berupa UU No. 14 tahun 2005 agar dapat diambil esensi atau artinya. Setelahnya, di awal perkuliahan, Bu Sukaesih memberikan kesempatan untuk mengulas kembali rangkuman yang telah dipersiapkan sekaligus mengaitkannya dengan materi minggu lalu yang sudah membahas pula dengan Undang-undang dan Permendiknas Guru dan Dosen. 

Kegiatan yang saya lakukan untuk mewujudkan tujuan dari proses Know berupa mencatat ide-ide atau poin yang dapat menjadi kunci dalam mempelajari materi yang akan disampaikan oleh presentator di hari ini. Catatan tersebut saya tulis pada buku dan notes sebagai pengingat dan pemantik agar saya bisa mengaitkan tiap penjelasan dari presentator dengan apa yang saya dapatkan atau sebagai bekal saya di hari itu.

Want to Know (Apa yang ingin saya tahu ?)

Saya memiliki ketertarikan dengan Mata Kuliah Etika Profesi Pendidik dengan mendalamnya bahasan tentang guru yang menunjukkan keadaan seutuh-utuhnya, dari mulai gaji, apa yang harus atau tidak dilakukan guru, bagaimana proses agar bisa menjadi pendidik profesional; kesemuanya itu ingin sekali saya pahami untuk bisa berhasil memaknai esensi mata kuliah ini. Tentu di minggu kedua ini, materi masih sedikit membahas tentang guru, tetapi rasa keingintahuan saya harapannya bisa terus muncul seiring dengan bertambahnya materi yang saya dapatkan. Dengan begini, kenyataan-kenyataan menjadi seorang guru atau pendidik yang beretika dengan segala ketentuan nilai dan norma di dalamnya bisa saya ketahui dan menjadi bekal saya kelak ketika mengajar di suatu sekolah.

Learn (Mencatat atau Memperdalam Kembali Apa yang Sudah Dipelajari)

Berkaitan dengan perkuliahan Strategi Pembelajaran Biologi yang kebetulan bersama dengan Bu Sukaesih juga, bahwa bentuk respon aktif ketika belajar salah satunya adalah dengan mengulang kembali apa yang telah dipelajari di kelas dan berusaha melengkapi serta menambah catatan penting untuk menguatkan ingatan. Dari rangkuman awal yang saya buat dan catatan di kelas dari materi yang dipresentasikan presentator dan tambahan dari Bu Sukaesih menjadikan rasa ingin tahu saya cukup tinggi untuk mencari lebih dalam informasi yang berkaitan dengan guru. Salah satunya adalah tentang Kegiatan PPG yang dijelaskan oleh Bu Sukaesih untuk bisa mendapatkan sertifikat pendidik profesional, saya kemudian mencari dan menemukan website resmi dari Kemendikbud yang berisi penejelasan detail dan FAQ tentang PPG di tahun 2023. Dengan begini, ilmu saya bertambah, koneksi pikiran saya terhubung antara materi dengan kenyataan sebenarnya yang saya ketahui melalui website tersebut, serta tumbuh semangat dan perjuangan lebih tinggi untuk saya agar bisa termotivasi menjadi guru yang berkompetensi, salah satunya profesional.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun