Mohon tunggu...
amiza syaimona
amiza syaimona Mohon Tunggu... -

DOA is the weapon of A Believer

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hubungan PR dengan Komunikasi

29 September 2014   17:19 Diperbarui: 17 Juni 2015   23:05 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Public relations (PR) senantiasa berkenaan dengan kegiatan penciptaan pemahaman melalui pengetahuan, dan melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan akan muncul suatu dampak, yakni berupa perubahan yang positif. Dengan demikian, kunci sukses PR adalah melalui komunikasi. Artinya, keberhasilan PR untuk mencapai tujuannya bergantung kepada sejauh mana PR itu dapat menjalin hubungan dengan masyarakatnya, baik khalayak internal maupun eksternal.

Publik PR dalam suatu organisasi/perusahaan yang terdiri dari publik internal dan eksternal, mempunyai karakteristik yang berbeda. Artinya, seorang PR profesional harus mempunyai keahlian komunikasi dalam menghadapi publik yang berbeda. Misalnya, perusahaan Jasa Marga mempunyai public internal dan eksternal yang berbeda dengan organisasi lembaga swadaya masyarakat (LSM) lingkungan hidup . karakteristik, termasuk latar belakang pendidikan, social, dan budaya public internal perusahaan Jasa Marga berbeda dengan organisasi lembaga swadaya masyarakat (LSM) lingkungan hidup.

Informasi yang dibutuhkan oleh masing-masing publik pun berbeda. Jika, informasi yang dibutuhkan oleh karyawan berkaitan dengan kesejahteraan, kebijakan organisasi, dan pertumbuhan organisasi. Maka, informasi yang dibutuhkan oleh media adalah informasi organisasi yang mempunyai news value dan sesuai dengan kebijakan media.

Untuk itu, PR senantiasa mengemban misi untuk memberikan pelayanan informasi kepada publiknya tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan kebijakan, kegiatan dan tindakan organisasi/perusahaan. Pelayanan informasi tersebut hanya dapat dilaksanakan melalui komunikasi.

Melalui komunikasi pula, PR dapat menyampaikan informasi, mendorong/-memotivasi, mempersuasi, mempengaruhi, dan merubah sikap khalayak/publik.

Tugas PR adalah untuk membina hubungan baik, saling pengertian, saling membutuhkan, dan saling mendukung antara organisasi di satu pihak dengan publiknya di lain pihak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun