Berkembangnya Iklan Online
Iklan merupakan salah satu cara yang di gunakan untuk mempromosikan dan menyampaikan suatu informasi kepada masyarakat luas. Maka dari itu iklan ditujukan untuk menjangkau masyarakat luas. Yang dilakukan untuk menjangkau iklan agar beredar ke masyarakat luas yaitu bisa melalui berbagai macam media besar maupun kecil, contohnya seperti media online yang sering kita lihat dan sedang berkembang pesat di era sekarang.
Iklan online dapat berkembang dengan cepat dengan era ini karena banyaknya masyarakat atau pengguna media yang mempunyai fasilitas sehingga bisa mengakses internet melalui gadget mereka. Namun, dengan melihat perkembangan iklan online yang meningkat, belum tentu bahwa iklan melalui web merupakan media yang tepat bagi suatu kalangan kita.Â
Selain itu, strategi promosi melalui iklan online juga cukup sulit karena setiap pengguna media memiliki perilaku yang beda dalam melihat atau memahami suatu iklan online yang beredar. Maka dari itu, membuat iklan secara online membutuhkan komunikasi pemasaran yang tepat juga agar banyak masyarakat yang tidak mengabaikan iklan tersebut. Tetapi tentu saja setiap media online memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri.
Potensi keunggulan dari iklan online itu sangat banyak dari pergeseran pengguna menjadi pengguna media yang lebih banyak menghabiskan waktu online di platform digital manapun. Hal ini membuat iklan online menjadi lebih efektif untuk menjangkau target masyarakat yang tepat.Â
Selain itu, meningkatnya penggunaan media pada web terbuka sehingga para audiens banyak tertarik pada iklan online yang tersampaikan. Sedangkan kelemahan dari iklan online itu sendiri adalah media relatif baru, di beberapa negara penggunanya masih sedikit. Iklan online juga memiliki penganturan atau bentuk yang beragam, sehingga pengukuran efektivitas iklan online bisa menjadi hal yang sulit.
Iklan di E-CommerceÂ
E-commerce merupakan platform terbaik dalam mentransaksi pembeli dan penjual barang secara online. Dengan e-commerce, transaksi tersebut bisa dilakukan baik melalui komputer atau handphone. E-commerce, atau perdagangan elektronik adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui web. Ini mencakup semua jenis transaksi online, seperti belanja online, perbankan online, dan pemesanan tiket online.
Selain itu, e-commerce memberikan banyak manfaat, seperti kecepatan dalam mengakses ke berbagai macam produk, dan kemampuan untuk membandingkan harga di berbagai toko online. E-commerce telah mengubah industri ritel dengan membuatnya lebih berfokus pada pelanggan ataupun pengguna. Manfaat lainnya adalah dapat memudahkan memulai bisnis online dengan biaya yang terjangkau dan siapapun dapat membuat toko online.
Sebagian besar e-commerce menerapkan iklan online secara beragam dan variatif yang memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan. Â Iklan di e-commerce telah menjadi strategi penting bagi para pelaku usaha untuk menjangkau pelanggan atau pengguna media di era digital ini.Â